Giriwoyo Bergerak Mantapkan Percepatan PMM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menggelar aksi percepatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) melalui berbagai macam kegiatan di berbagai komunitas. Percepatan dan optimalisasi Kurikulum Merdeka melalui PMM merupakan langkah nyata yang perlu direspon oleh semua guru guna terwujudnya tujuan bersama dalam peningkatan mutu pendidikan dan kompetensi guru.    Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Gajah Mada, Gugus Untung Suropati dari jenjang kelas I – VI, Guru PJOK se-Kecamatan Giriwoyo melaksanakan kegiatan sosialisasi dalam bentuk kolaborasi untuk menyelesaikan IKM melalui PMM pada Selasa, 24 Januari 2023 di SD Negeri 1 Sejati yang dihadiri oleh 135 peserta. Selain itu juga hadir Ketua K3S, Kepala Sekolah dari gugus Gajah Mada dan Gugus Untung Suropati, Suwarmo selaku Korwilcam Bidik Giriwoyo, Wasito selaku Pengawas Sekolah dan Agus Rusdiyanto dari SMPN 1 Giriwoyo selaku Instruktur IKM Wonogiri sebagai narasumber.

Kegiatan ini diawali dengan susunan acara yaitu pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, doa, laporan kegiatan dari ketua KKG Gugus Gajah Mada, Sambutan Korwilcam Bidik Kecamatan Giriwoyo dan acara inti materi sosialisasi Aksi Nyata PMM oleh narasumber, dan acara terakhir yaitu penutup. Sambutan yang disampaikan oleh Suwarmo menggugah semangat para guru dalam pengembangan kompetensi diri, serta memotivasi guru ikut berkontribusi meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas di Kecamatan Giriwoyo melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Pada acara inti Agus Rusdiyanto memaparkan materi tentang pembuatan aksi nyata pada Topik 1 di PMM yaitu tentang Merdeka Belajar. Agus Rusdiyanto mempraktikkan aksi nyatanya dengan aplikasi yang telah disiapkan. Dalam sesi akhir diberikan kesempatan pada peserta untuk tanya jawab, dan ada beberapa guru yang menanyakan ketidak pahamannya sehubungan dengan IKM di PMM. Sebagai narasumber Agus Rusdiyanto juga menyampaikan terkait isi yang perlu dilampirkan pada aksi nyata di PMM agar lolos validasi yaitu antara lain : 1) wajib ada refleksi dan umpan balik baik dari murid maupun teman sejawat, 2) wajib terdapat dokumentasi sesuai materi yang dipaparkan, dan 3) bukan hasil karya plagiat. Beliau juga berpesan untuk saling bekerjasama, berkolaborasi menuju pencapaian yang maksimal.