Gerakan Pramuka Gugus Depan SMPN 1 Wonogiri Gelar Pelantikan Dewan Penggalang

Dalam rangka usaha mencapai tujuan gerakan pramuka melalui proses Pendidikan Kepramukaan perlu adanya dorongan dan rangsangan kepada para pramuka untuk mencapai suatu prestasi dalam kegiatan yang dilaksanakannya. Setiap pergantian tahun pelajaran dilakukan pergantian pengurus guna melanjutkan program kerja Gugus Depan. Pada hari Jumat, 26 Maret 2021 Pramuka SMPN 1 Wonogiri melaksanakan pergantian pengurus Dewan Penggalang Gugus Depan 01-037/01-038.

Kegiatan pergantian pengurus atau pelantikan Dewan Penggalang dilaksanakan di halaman SMPN 1 Wonogiri mulai pukul 08.00 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Sebelum pelantikan, diadakan gladi bersih terlebih dahulu untuk lebih memantapkan peserta. Upacara pelantikan diikuti oleh Ketua Majelis Gugus Depan, Kakak-kakak Pembina, dan pengurus lama serta pengurus baru Dewan Penggalang Gugus Depan. Adapun Pembina Pramuka SMPN 1 Wonogiri, yaitu Kak Nur, Kak Bakti, dan Kak Farhan. Pengurus dewan penggalang Gudep 01-037/01-038 SMPN 1 Wonogiri tahun 2021 berjumlah 38 orang.

Urutan upacara pelantikan yaitu: Saling hormat, penghormatan kepada pemimpin upacara, penghormatan kepada Pembina upacara, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka, Pembacaan Dasa Darma, Pembacaan Surat Keputusan oleh Kak Nur, Pelantikan pengurus, penyematan tanda pemimpin regu utama, amanat Pembina upacara, Doa.

Ketua Majelis Gugus Depan SMPN 1 Wonogiri, Sri Nuryati dalam amanatnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada kakak-kakak Pembina, juga para peserta upacara atas partisipasinya dalam kegiatan pelantikan ini. “Kegiatan pramuka merupakan kegiatan yang manfaatnya mungkin tidak kalian rasakan saat ini, tetapi ini adalah suatu proses yang nanti kalau kalian dewasa, kalian akan merasakan manfaatnya.” Kata Kak Nuryati. Menurut beliau, aktif dalam kegiatan kepramukaan banyak sekali manfaatnya, salah satunya saat ini ada jalur khusus di perguruan tinggi bagi yang aktif dalam kepramukaan, OSIS, maupun PMR. Kepada peserta yang dilantik beliau memberikan pesan, “Saya ucapkan selamat kepada kalian yang hari ini dilantik menjadi pengurus Dewan Penggalang. Tunjukkan bahwa kalian mampu melanjutkan estafet kepengurusan Dewan Penggalang menggantikan kakak-kakak kalian yang telah selesai masa tugasnya.” Tandasnya.

Setelah amanat selesai, dilanjutkan dengan pembacaan doa, kemudian pemimpin upacara membubarkan barisan.