Gerak Cepat KKG Prambanan Selesaikan Pelatihan Mandiri PMM Episode 3

KKG Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara luring, di SD Negeri Plosorejo Sabtu (11/2/2023). Tema kegiatan yaitu Percepatan Pelatihan Mandiri melalui Aplikasi PMM Episode 3, dimulai pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Bertugas sebagai narasumber Ariska Pujianti, Kepala SD Negeri Bendosari dan host Nyoman Tri Humardani, Kepala SD Negeri Plosorejo. Jumlah peserta kegiatan 34 orang.

Pembukaan oleh Nyoman Tri Humardani, selaku host menyampaikan ucapan selamat datang dan berterima kasih kepada semua peserta atas kehadirannya dalam kegiatan KKG perdana di SD Negeri Plosorejo. Nyoman Tri Humardani juga menyampaikan bahwa kegiatan KKG dengan berpindah tempat akan memberikan warna dan semangat yang baru bagi peserta KKG dan juga sebagai langkah untuk mengenalkan semua lokasi SD dalam satu gugus, khususnya kepada guru baru seperti PPPK.

Narasumber, Ariska Pujianti menyampaikan materi tentang “Percepatan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar” khususnya pada topik 3. Ariska Pujianti bertanya apakah sudah menyelesaikan semua topik? Pesertapun menjawab ada yang sudah selesai dan ada yang belum. Dari jawaban peserta, Ariska Pujianti mengajak dan menargetkan kepada peserta KKG untuk menyelesaikan 1 topik dahulu dalam KKG hari ini dengan berkerjasama kepada peserta yang ditunjuk sebagai Tim Teknis agar membantu peserta yang belum bisa. KKG hari ini juga memfasilitasi peserta KKG untuk mendokumentasikan kegiatan sebagai Aksi Nyata sesuai kebutuhan. Narasumber juga membagikan tips, yaitu untuk membuat Aksi Nyata berupa video dan di upload di Youtube, serta membagikan link Youtube tersebut kepada teman-teman sejawat untuk dikomentari. Setelah itu, screenshot komentar yang ada di youtube dan disertakan dalam Aksi Nyata. Narasumber juga memfasiltitasi kepada setiap peserta yang membutuhkan bantuan dalam membuat Aksi Nyata.

Peserta KKG mengikuti dengan antusias dalam membuat Aksi Nyata. Semoga dengan adanya pertemuan rutin pada kegiatan KKG Gugus Prambanan Kecamatan Nguntoronadi dapat memacu para guru untuk menyelesaikan Aksi Nyata khususnya pada topik 1 sampai topik 4. Di akhir sesi, peserta melakukan presensi dengan mengisi form melalui tautan yang telah dibagikan.