Gerak Cepat, KKG PAI Jatiroto Gelar Penjurian Lomba Kultum

KKG PAI Jatiroto menggelar penjurian lomba kultum virtual bagi siswa SD se-Kecamatan Jatiroto pukul 08.00-12.00 WIB (Selasa, 30/3/021). Penjurian diselenggarakan secara luring bertempat di Kantor Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatiroto dengan menerapkan protokol kesehatan. Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan panitia, penyampaian sambutan dan pembacaan doa. Setelah itu dilanjutkan kegiatan inti, penjurian lomba kultum dan pengumuman juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2, 3. Turut hadir dalam kegiatan ini para pengawas Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatiroto dan kepala SD se-Kecamatan Jatiroto.

Penyampaian laporan panitia oleh Rahmat, Ketua KKG PAI Jatiroto. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan juri dan seluruh tamu undangan yang hadir. Sebagai laporan, kegiatan lomba kultum virtual diikuti oleh 32 peserta perwakilan SD se-Kecamatan Jatiroto. Banyak peserta yang antusias, meskipun baru diumumkan satu minggu yang lalu untuk mengirimkan video kultum Ramadan. Video tersebut akan ditayangkan di channel Youtube Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Paniti memutuskan mengadakan seleksi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Selanjutnya, Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatiroto, Sugeng Priyono memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Beliau menyampaikan terima kasih kepada guru PAI SD Kecamatan Jatiroto yang telah berhasil menyelenggarakan kegiatan ini. Ucapan terima kasih  juga disampaikan kepada KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) Kecamatan Jatiroto yang telah mendukung dan membiayai kegiatan ini. Harapan beliau, semoga lomba kultum ini dapat menghasilkan yang terbaik. Sugeng Proyono juga menyampaikan pepatah untuk memberikan semangat kepada seluruh hadirin. “Bekerjalah tanpa suara, biar prestasi berbunyi nyaring. Jika kita berhadapan dengan tembok, janganlah menyerah. Tapi bagaimana kita mencari cara untuk memanjat tembok tersebut”. Sambutan kedua disampaikan oleh Ardani, Pengawas PAI SD Kecamatan Jatiroto. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada KKKS Kecamatan Jatiroto beserta seluruh guru PAI SD Kecamatan Jatiroto atas terselenggaranya kegiatan ini. Beliau berharap kegiatan ini dapat menghasilkan dai terbaik yang akan membawa nama baik Kecamatan Jatiroto.

Memasuki kegiatan inti,  ketiga dewan juri yaitu, Sugeng Priyono, Sutarno dan Siti Salamah memutar video kiriman peserta. Penjurian berlangsung kurang lebih selama tiga jam. Hasil penjurian memutuskan juara harapan 3 diraih oleh peserta dari SDN 1 Ngelo, juara harapan 2 SDN 2 Jatiroto, juara harapan 1 SDN 2 Jatirejo dan SDN 1 Ngelo. Kemudian untuk peringkat tiga besar, juara 3 diraih oleh SDN 1 Pingkuk, juara 2 SDN 3 Mojopuro, dan juara pertama diraih SDN 2 Dawungan. Penyerahan trofi dan sertifikat kepada peraih juara akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 April 2021 di SDN 1 Pingkuk pada pertemuan rutin KKG PAI Jatiroto nanti. Kegiatan ditutup oleh Narto selaku Ketua KKKS. Beliau mengucapkan terima kasih kepada KKG PAI Jatiroto yang telah melangkah lebih awal daripada kecamatan lain. Apresiasi juga beliau sampaikan karena kegiatan ini terselenggara dengan istimewa dan tertata dengan rapi sehingga dapat berjalan dengan lancar.