Gelar Aneka Lomba, SDN 3 Karangtengah Peringati Hari Pahlawan

SDN 3 Karangtengah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan pada Kamis, 10 November 2022. Tema “Merdeka dan Berbudaya” diambil sebagai penyemangat yang sesuai dengan konteks pendidikan saat ini. Makna merdeka adalah memiliki kebebasan dalam berbagai aspek antara lain kemerdekaan dalam belajar, menentukan arah perkembangan diri sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa, berinovasi, dan merdeka dalam berkreativitas. Sementara itu, makna berbudaya adalah memiliki pemahaman akan budaya setempat, melestarikan budaya itu, dan menanamkan, serta menjunjung tinggi nilai budaya dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SDN 3 Karangtengah berupa pelaksanaan upacara bendera, drama Peristiwa 10 November yang terjadi di Surabaya, dan perlombaan bagi siswa. Momentum bersejarah perjuangan para pahlawan dapat dijadikan teladan oleh siswa sehingga dapat mendorong semangat perjuangan dalam mengisi kemerdekaan dan mengutamakan kebersamaan di mana pun mereka berada.

Mengenalkan berbagai budaya dan sejarah Bangsa Indonesia sangatlah penting. Hal ini dapat membekali siswa berupa pengetahuan sejarah yang ada di Indonesia sehingga mampu meningkatkan rasa cinta tanah air. Sebagai generasi penerus bangsa para siswa harus turut memiliki rasa tanggung jawab untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia. Selain itu, semangat para guru dan tenaga pendidikan di SDN 3 Karangtengah sangatlah luar biasa. Sekolah ini memiliki enam guru kelas, satu guru mata pelajaran, dan satu orang tenaga administrasi. Mereka memiliki kekompakan dalam bekerja dan ide pun bermunculan, serta saling mengisi satu sama lain. Acara peringatan Hari Pahlawan dimulai pada pukul setengah delapan pagi dengan melakukan pentas drama peristiwa 10 November di Surabaya. Acara dilanjutkan pelaksanaan upacara bendera yang dipimpin oleh Suparlinda Andarini selaku Kepala SDN 3 Karangtengah dan ditutup dengan pelaksanaan perlombaan siswa yang berkaitan dengan sikap kebersamaan. Kegiatan ini pun didokumentasikan via youtube https://youtu.be/Y02UALQLbZU.

Peringatan Hari Pahlawan bertujuan membentuk karakter siswa SDN 3 Karangtengah di tengah keterbatasan akses, sarana, maupun prasarana. Tekad yang besar merupakan latar belakang terlaksananya kegiatan. Perlombaan yang dilakukan antara lain lomba memindahkan sarung dan lomba memindahkan bola dengan tali. Perlombaan ini dapat melatih kerja sama yang baik antar anggota untuk mencapai tujuan bersama. Harapannya adalah agar di masa mendatang para siswa telah terbentuk dan sadar akan rasa peduli, tanggung jawab, gotong royong, sikap saling menghormati, dan menghargai diantara sesama. Antusiasme siswa terus terjadi selama kegiatan itu berlangsung dan siswa pun merasa bahagia dapat mengikuti acara hingga selesai. Bagi dunia pendidikan kebahagiaan siswa juga merupakan perwujudan dari merdeka belajar. Mari ciptakan pola pembelajaran yang berpihak pada siswa dan beri mereka ruang kebebasan dalam belajarnya untuk meraih kemerdekaan di segala potensinya. Acara ini diakhiri dengan pembagian hadiah dan pesta kebun berupa kegiatan makan bersama.