Gandeng SEAQIM, Dinas P dan K Wonogiri Gelar Pelatihan Pembelajaran STEM

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri selesai menggelar pelatihan STEM. Pelatihan ini merupakan hasil kerja sama Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dengan SEAMEO QITEP in MATHEMATICS (SEAQIM) Yogyakarta. Kegiatan yang digelar di SD Negeri 1 Wonogiri ini diikuti oleh 30 guru sekolah dasar se-Kabupaten Wonogiri dan berlangsung dari tanggal 5-9 Oktober 2020.

“Kegiatan ini merupakan salah satu strategi dalam rangka percepatan peningkatan kompetensi guru di Wonogiri. Mayoritas guru sekolah dasar di Wonogiri belum menggunakan kemajuan teknologi informasi sehingga kegiatan ini diharapkan mampu menjawab tantangan peningkatan kompetensi guru”, kata Kepala Bidang PTK Dinas P dan K Wonogiri, Retno Puspito Rini dalam sambutannya.

Pengembangan pembelajaran di sekolah dasar menggunakan model tematik terpadu. Model ini memberikan pengalaman sempurna dalam pengembangan pembelajaran secara komprehensif. Salah satu implementasi model tematik terpadu di kelas adalah melalui pengembangan model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics). Melalui STEM, siswa akan diajak untuk mengembangkan projek yang memadukan keempat unsur STEM secara bersamaan. Dengan demikian, diharapkan keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk menghadapi tantangan global dapat dipelajari lebih dini, sehingga mereka bisa menjadi creator, problem solver, collaborator, dan communicator.

Lebih lanjut Deputi Pelatihan SEAQIM, Dr. Farida Nurhasanah menyampaikan pentingnya kegiatan ini bagi guru sekolah dasar. “Kegiatan ini sangat penting karena di masa yang akan datang, STEM akan sangat diperlukan sehingga siswa mampu dengan cepat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan Matematika. Siswa akan belajar memformulasikan masalah untuk menemukan solusi dengan instruksi yang akurat Peserta kegiatan ini juga harus mendiseminasikan kepada teman sejawat agar ilmunya dapat bermanfaat secara luas”, tambah Farida.

Dalam kesempatan itu juga diberikan apresiasi kepada peserta terbaik sebagai wujud penghargaan dan motivasi untuk menerapkan ilmu yang didapat sekaligus membagikan kepada teman sejawat. Apresiasi tersebut diberikan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd.