Gandeng Alumni, SDN 1 Tempursari Lakukan Rebranding

Belum genap 100 hari sejak SDN 1 Tempursari mengalami perubahan kepemimpinan, sudah ada gebrakan-gebrakan positif yang muncul dari SD tersebut. Masih lekat dalam ingatan, Oktober lalu SD tersebut muncul dengan program bulan bahasanya. Desember ini SD yang terletak di selatan Sidoharjo kembali muncul dengan program penelusuran alumni.

“Kami mencoba mengembangkan sekolah ini dengan segala sumber daya yang kami miliki. Namun, ada program yang kami tuju, yaitu rebranding. Maka kami butuh sumber daya yang lebih luas,” terang Kepala SDN 1 Tempursari, Irwanto.

Irwanto menambahkan, rebranding dilakukan secara fisik maupun non fisik. Secara fisik, tentunya program pengembangan sarana prasarana disusun berdasarkan skala prioritas. Lalu untuk program nonfisik disesuaikan dengan kebutuhan dan usulan masyarakat, yaitu program Tempursari Mengaji.

Demi kelancaran program yang telah direncanakan, sekolah perlu melakukan langkah strategis yang salah satunya adalah pelibatan alumni. Alumni tentunya mempunyai ikatan psikologis dengan sekolah. Penelusuran alumni pun dilakukan dengan tujuan adalah adanya dukungan. Tujuan utama penelusuran alumni bukanlah menggalang dana tetapi lebih luas lagi. Pertama adalah meyakinkan alumni untuk selalu mempercayakan putra putrinya jika akan memilih sekolah. Kedua, menjaga keamanan sekolah. Ketiga, ikut mempromosikan sekolah dengan kegiatan positif. Keempat, berbagi ilmu pengetahuan dan inspirasi dengan siswa. Kelima, memberikan dukungan terhadap program dan sekolah baik berupa doa, tenaga maupun materi yang bermanfaat.

Bak gayung bersambut, SDN 1 Tempursari mendapatkan dukungan yang luar biasa dari alumni. Salah satunya adalah dukungan diberikan oleh alumni yang memberikan jalan dalam mengikuti program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Semesta Cita Mahardika. Program CSR tersebut betul-betul dimanfaatkan oleh SDN 1 Tempursari untuk membangun wajah baru sekolah. Pembangunan sarana dan prasarana laboratorium komputer menjadi target utama dalam program CSR ini. Tidak lupa, keamanan sekolah juga menjadi poin yang diperhatikan dengan adanya pemasangan CCTV di kawasan SDN 1 Tempursari.