Pemerintah Kabupaten Wonogiri melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri peringati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023 dan Hari Otonomi Daerah ke- 27 Tahun 2023 dengan melaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (2/5). Acara dimulai pada pukul 07.00 dengan tamu undangan dan peserta upacara yaitu, Forkompimda Kabupaten Wonogiri, para Asisten, para Staf Ahli, Sekretaris DPRD, Inspektur Kabupaten Wonogiri, Direktur RSUD SMS, Kepala Satpol PP, Para Kepala OPD se- Kabupaten Wonogiri, staf BKD, staf Dinas Kominfo, dan perwakilan dari PGRI, SMAN 1 Wonogiri, SMAN 2 Wonogiri, SMAN 3 Wonogiri, SMKN 1 Wonogiri, SMKN 2 Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo atau yang lebih akrab dengan sebutan mas Jekek bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Soetarmojo sebagai Komandan Upacara. Upacara berjalan dengan khidmat dan lancar. Sesuai dengan tema Hardiknas tahun ini “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”, pendidikan di Wonogiri harus lebih maju dan  memerdekakan agar dapat semakin dekat dengan cita-cita Ki Hadjar Dewantara bahwa pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Selesai upacara sebelum peserta dibubarkan dilanjutkan Penyerahan penghargaan  penyelenggaraan Pemerintah Daerah status Kinerja Tinggi Tahun 2023, oleh Bupati Wonogiri kepada Sekretaris Daerah (selaku wakil pejabat pemerintah daerah wonogiri). Kemudian acara dilanjutkan Halal Bi Halal Syawal 1444 H di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati.