Forum KKG Ngadirojo Terus Berdikari  di Tengah Pandemi

Pandemi covid-19 yang sedang terjadi di berbagai penjuru dunia saat ini memang menjadikan berbagai kegiatan baik di bidang Ekonomi, Pariwisata, Pendidikan dan beberapa sektor lainnya mengalami masalah. Terlebih di dunia pendidikan, dimana biasanya di sekolah-sekolah dihiasi oleh tawa canda anak-anak, kini sekolah menjadi hening bak ruang hampa.

Pembelajaran yang dilakukan saat ini pun mengharuskan guru dan siswa untuk tidak bertemu langsung namun pembelajaran tetap dilaksanakan dengan menggunakan berbagai media pembelajaran dan disesuaikan dengan keadaan siswa di lingkungan masing-masing sekolah.

Menyikapi kejadian saat ini maka pengurus harian Forum KKG Kecamatan Ngadirojo yang terdiri dari pengurus KKG Ronggo warsito, KKG Yos Sudarso, KKG Gajah Mada, KKG  Diponegoro, KKG Penjasorkes Ngadirojo, KKG PAI Ngadirojo mengadakan sebuah webinar dengan mengundang seorang narasumber yang telah berpengalaman dan berprestasi dalam bidang pembuatan media pembelajaran yaitu bapak Masruhan Mufid, M.Kom dari SMKN 7 Semarang.

Webinar yang dilaksanakan (20/5) ini kami laksanakan dengan materi pembuatan media pembelajaran, materi ini kami pilih karena memperhatikan berbagai karakteristik peserta didik di lingkup kecamatan Ngadirojo, dengan harapan siswa bisa belajar dengan lebih menarik dan menyenangkan meskipun tidak bisa bertatap langsung dengan bapak ibu guru, selain itu dengan media pembelajaran akan meningkatkan kompetensi dan kreatifitas guru dalam pembuatan konten pembelajaran di abad 21 yang notabene hampir semua kegiatan berbasis teknologi.

Pembukaan acara dimulai oleh Choirul Fadhi dengan Ucapan syukur atas kehadirat Tuhan YME dan terima kasih atas partisipasi pengurus dan peserta KKG yang telah mengikuti vicon ini. Kemudian dilanjutkan prakata dari ketua K3S bapak Mulyadi, Mari memberikan dukungan kegiatan KKG ini, meskipun dengan pertemuan jarak jauh via webex. Dikarenakan kondisi seperti saat ini, video pembelajaran akan sangat efektif untuk kita gunakan. Sehingga, meskipun ada pandemi covid ini pembelajaran tetap berlangsung dengan menarik

Sambutan selanjutnya oleh Ketua Korwil Bapak Karjana, “Semoga materi KKG ini dapat bermanfaat bagi tenaga pendidik dan dapat diterapkan di setiap gugus, di sekolah masing-masing. Di Kabupaten Wonogiri, saat ini ada 16 kecamatan yang melaksanakan vicon seperti saat ini. Harapannya, di Ngadirojo nanti setiap gugus dapat menerapkan vicon seperti ini. Serta, pandemi ini segera berkahir dan bisa kembali seperti sebelumnya. Karena saat ini, pembelajaran menjadi tidak maksimal.Beliau sekaligus membuka acara webinar secara daring melalui aplikasi webex yang diikuti oleh 79 akun dan 130 peserta, selain itu acara ini juga dilaksanakan live streaming (siaran langsung) mengguanakan youtube yang dilihat oleh teman-teman dari berbagai daerah, diantaranya Magetan Surabaya, Klaten, Poso, Pontianak dan Jambi.

Pelaksanaan Webinar diawali dengan perkenalan dan penjelasan oleh Masruhan Mufid, M.Kom tentang perkembangan teknologi di era sekarang yang sangat berbeda dengan dahulu. Saat ini smartphone sudah sangat maju. Sehingga meskipun keadaan seperti sekarang ini, tetap dapat melaksanakan pembelajaran. Yang paling minim permasalahan, adalah dengan membuat video pembelajaran.

Materi pertama yang disampaikan adalah cara pembuatan media pembelajaran yang menarik dengan menggunakan aplikasi faststone dengan Langkah-langkah:

  1. Unduh aplikasi di http:bit.ly/faststone8 (size 2,4 MB)
  2. Istall aplikasi FastStone
  3. Jalankan Aplikasi FastStone Capture (bisa digunakan untuk screen capture)
  4. Gambar yang dicapture bisa menjadi file pdf.
  5. Screen Recorder untuk merekam video (gambar di komputer menjadi video)
  6. Misal : file di ppt akan dibuat video. Sebelum dimulai harus membenahi pengaturan-pengaturannya dulu. Seperti : kualitas gambar dan suara.

Materi berikutnya adalah menggunakan aplikasi bandi cam. Menu di bandicam lebih komplek namun hasilnya tentu akan lebih baik. Kelemahan aplikasi ini harus menggunakan kamera. Aplikasi ini bisa di download di www.bandicam.com/downloads. Jadi dalam pembuatan media pembelajaran ada berbagai aspek yang perlu disiapkan yaitu hardware yang sesuai dengan kebutuhan dan tentunya adalah niat terus belajar untuk mengembangkan kompetensi dan kreatifitas diri.

Webinar FKKG diakhiri dengan kegiatan diskusi ataupun tanya jawab. Dimulai pertanyaan oleh akun Mamafian: “bagaimana cara menggabungkan gambar di dalam aplikasi faststone?”, kemudian dijawab oleh narasumber: “foto-fotonya tinggal dimasukkan dalam page pada powerpoint.”. Penanya selanjutnya oleh akun aruf yuliarno pertanyaan “bagaimana menampilkan backsound music?” Dijawab oleh Narasumber: “Kalau dibandi cam tidak ada tapi bisa diplay dulu bisa langsung otomatis ada back sound. Kalau menggunakan camtasia maupun lainnya yang merupakan sofwate editing video bisa digunakan menyispkan backsound”

Kegiatan ini ditutup oleh Bapak Karjana “Terimakasih kepada narasumber yang telah memberikan bimbingan kepada guru-guru di Kecamatan Ngadirojo. Semoga bisa bermanfaat dan di praktikkan bersama. Dan diharapkan lain waktu bisa memberikan bimbingan lagi.”