FKKG  Slogohimo Gelar Pelatihan Penulisan PTK dan PTS

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini telah memberikan tantangan bagi semua untuk bisa melakukan adaptasi serta berinovasi diberbagai lini kehidupan. Termasuk sektor pendidikan, mengingat kita tidak pernah tahu kapan pandemi ini akan berakhir dan kita tidak bisa hanya berdiam diri, tidak melakukan apa apa menunggu sampai pandemi berakhir. Untuk itu disatu sisi, semua harus bergerak, tetap berjalan dan tetap produktif dan di sisi lain harus aman tidak terpapar Covid 19. Demikian pula FKKG Slogohimo tetap produktif dengan  menyelenggarakan Pelatihan Penulisan PTK dan PTS moda kombinasi luring dan daring yang bertempat di aula Korwil Cambidik Slogohimo. Pelatihan ini dimulai pada Jumat, 18 Februari 2022 pukul 08.00 s.d selesai. Peserta terdiri dari guru dan kepala sekolah yang hadir secara  luring, berjumlah 24 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebagian besar peserta berasal dari Slogohimo dan beberapa kecamatan di luar Slogohimo seperti Jatiroto, Kismantoro, Jatipurno, dan Jatisrono. 

Pelatihan Penulisan PTK dan PTS  diawali dengan pembacaan susunan acara oleh moderator Ery Mulat Yulia kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza oleh peserta. Dilanjutkan laporan ketua panitia pelatihan Uyik Suyanto. Selanjutnya pelatihan dibuka secara daring oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Yuli Bangun Nursanti. Kemudian kegiatan dilanjuktan dengan sambutan dari Korwil Lilis Endang Hardyanti.

Penyampaian materi dilakukan oleh narasumber yang sekaligus Tim Penilai Angka Kredit Sri Marhainingsih secara daring dan Sudarno secara luring. Materi yang disampaikan mengenai permasalahan dalam penilaian PTK dan langkah-langkah dalam penulisan PTK. Setelah pemaparan materi oleh narasumber kemudian dilajutkan dengan sesi tanya jawab, peserta sangat antusias dalam sesi tanya jawab ini. Antusiasme peserta juga terlihat dari banyakya peserta yang mengikuti pelatihan penulisan PTK dan PTS meskipun dalam masa pandemi covid.  

Pelatihan PTK dan PTS ini sebagai salah satu sarana dalam meningkatkan kompetensi, serta karier guru dan Kepala Sekolah, melatih guru-guru terampil dalam membuat karya tulis ilmiah dan melatih guru membuat proposal PTK dan PTS, serta melatih guru dapat melaksanakan kegiatan penelitian sebagai upaya dalam pengembangan profesinya.