Forum Guru Sekolah Dasar (FGSD) Jatisrono Gelar Pelatihan Penulisan PTK

Sabtu, 8 Februari 2020 merupakan hari mulainya pelatihan penulisan tindakan kelas yang diadakan oleh Forum Guru SD se-Kecamatan Jatisrono. Hari ini 57 peserta pelatihan dari berbagai guru dan kepala sekolah TK, SD di wilayah Jatisrono, Slogohimo, Puh Pulem, Wonogiri dan sekitarnya. Pelatihan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri yaitu Dr. Dra. Yuli Bangun Nursanti, M.Pd  yang dihadiri oleh Kasi PTK Stefany Agung Sedayu, S. Sos , Kabid PTK Retno Puspitorini, M. Hum, Korwil Jatisrono  Eko Rusdiyanto, S. Pd, M. Pd. Adapun nara sumbernya adalah  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri  Dr. Dra Yuli Bangun Nursanti, M. Pd,  Hery Hartanto, S. Pd, M. Pd ,  Katiman, S. Pd, M. M.

Forum Guru SD se Kecamatan Jatisrono ini dimotori oleh ibu Lilis Yuniwiyati, S. Pd, M. Pd beserta guru-guru SD di Kecamatan Jatisrono yaitu : Apriliana Tri Anizah, S. Pd. SD, Hanur, S. Pd. SD, Joko Susilo, S. Pd, Nanik Retnowati, S. Pd, Tri Wahyuningsih, S. Pd. SD,  Wijiati, S. Pd. SD. Adapun pelaksanaan pelatihan ini dimulai tanggal 8 Februari 2020 – 14 Maret 2020.

Pelatihan diawali dengan upacara pembukaan yaitu : menyanyikan lagu Indonesia Raya tiga stanza,  laporan ketua panitia pelatihan ibu Lilis Yuniwiyati, S.Pd, M.Pd, dilanjutkan sambutan dari Korwil Eko Rusdiyanto, S.Pd, M.Pd. serta  Sambutan dan materi dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wonogiri Dr. Dra Yuli Bangun Nursanti, M. Pd. Sharing dengan Kasi PTK Stefany Agung Sedayu. Disini para peserta pelatihan banyak bertanya jawab dengan beliau perihal untuk kenaikan pangkat. Beliau dengan sabarnya menjelaskan satu persatu masalah, kendala yang dihadapi oleh para peserta perihal KP. Disela – sela materi ada banyak permainan kuis untuk peserta pelatihan dipimpin oleh  Joko Susilo, S. Pd. Banyak bapak/ibu guru yang mendapat hadiah dari panitia di kuis tersebut.  Diakhir acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak Suyatno, S. Pd. I.

Bapak, ibu guru peserta pelatihan sangat antusias mengikuti pelatihan terbukti dengan kehadiran mereka yang datang dipelatihan meski kadang cuaca tidak mendukung, mendung, hujan ataupun panas. Mereka antusias mengikuti kegiatan dengan semangat untuk menambah ilmu perihal Penulisan PTK yang salah satunya untuk syarat KP. Semangat mereka sungguh luar biasa, mengingat setiap tahunnya pengembangan diri guru sangat dibutuhkan untuk kemajuan pendidikan.

Terbukti, bapak ibu dari Puh Pelem tetap datang disetiap pertemuan meski jarak yang begitu jauh tak menjadi penghalang diantaranya : Dwi Kuncoro Hadi, S. Pd, Fauzianna, S. Pd. SD, Suprayitno, S.Pd.SD, Triyatno, S.Pd. Hal ini tidak lepas dari peran serta untuk meningkatkan pengembangan diri dalam hal pendidikan. Tanpa didasari niat dan kemauan tidak mungkin apa yang dicita-citakan tercapai.

Tak lepas dari itu semua, Forum Guru SD se Kecamatan Jatisrono hanya sebagai fasilitator untuk kegiatan ini, semua tiada lain dengan harapan bapak/ibu guru bisa membuat PTK dengan baik. PTK bukan sebagai momok untuk syarat Kenaikan Pangkat (KP). Dengan adanya ilmu tentang hal ini sehingga momok ini bisa dihilangkan dan memberi semangat/ motivasi mudah untuk KP.

Kontributor :

Nanik Retnowati, S. Pd. SDN 1 Jatisrono