FLS2N 2021 Kabupaten Wonogiri Tetap Berkarya dan Berprestasi di Tengah Pandemi

Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam hal ini Pusat Prestasi Nasional (PUSPRESNAS) Sekjend Kemendikbud Ristek, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menggelar seleksi FLS2N Dikdas 2021 khususnya bagi peserta didik jenjang SD dan SMP bertempat di kompleks SD Negeri 1 Wonogiri selama 2 hari berturut-turut dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Penjurian jenjang SD pada Kamis (1 Juli 2021), sedangkan jenjang SMP pada Jumat (2 Juli 2021).

Sebelumnya, masing-masing kontingen FLS2N Kecamatan se-Kabupaten Wonogiri telah mengirimkan karya peserta terbaik hasil seleksi di tingkat kecamatan melalui link yang disediakan oleh Panitia. Cabang lomba jenjang SD : Menyanyi Tunggal, Seni Tari, Pantomim, Gambar Bercerita, dan Kriya Anyam. Untuk cabang lomba jenjang SMP : Festival Kreativitas Tari, Festival Kreativitas Musik Tradisional, Lomba Gitar Duet, Lomba Menyanyi Solo, dan Lomba Desain Poster.

Mengawali kegiatan tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Gino, membuka secara resmi pelaksanaan seleksi FLS2N Dikdas 2021 tingkat Kabupaten Wonogiri yang disaksikan oleh segenap Pengurus KKKS Kabupaten Wonogiri, Panitia, dan Dewan Juri dari berbagai cabang lomba.

Dalam sambutannya, Gino yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyampaikan beberapa poin penting, antara lain : Apresiasi yang tinggi bagi pihak sekolah yang telah berhasil mengirimkan peserta terbaiknya karena penyiapan dan pembinaan peserta lomba di masa pandemi ini merupakan suatu hal yang sangat berat; Bagi peserta didik, lomba ini memiliki makna strategis yang luar biasa. Piagam penghargaan yang mereka raih sangat berharga bagi peserta didik dalam melanjutkan pendidikan di jenjang pendidikan selanjutnya. Oleh sebab itu, Dewan Juri diharapkan betul-betul melakukan penilaian secara profesional dengan mengacu pada panduan yang diterbitkan oleh Puspresnas.

Penyelenggaraan kegiatan lomba FLS2N Dikdas 2021 secara daring tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi peserta didik untuk unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi khususnya sebagai ajang penguatan dan pengembangan kompetensi bidang seni bagi peserta didik. Harapannya, peserta didik agar tetap dapat berkarya mengukir prestasi meski masih dalam masa pandemi.

Pelaksanaan penjurian secara luring terbatas untuk masing-masing cabang lomba dilakukan di ruangan yang terpisah. Penjurian di tiap ruang terdiri dari dua orang panitia yang bertugas mengatur dan menayangkan hasil karya peserta berupa video maupun gambar secara urut sesuai nomor undian.  Sedangkan tiga orang juri melakukan penilaian berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan.

Ajang festival dan lomba ini diharapkan akan menguatkan dan menumbuhkan kreativitas serta ekspresi yang baik bagi peserta didik. Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi. Bagi peserta FLS2N yang dinyatakan lolos di tingkat kabupaten berhak mengikuti tahap selanjutnya dan diharapkan mampu meraih prestasi terbaik di tingkat nasional.

Adapun Pengumuman Hasil Seleksi FLS2N Dikdas Tahun 2021 tingkat Kabupaten Wonogiri dapat diunduh melalui link berikut Hasil Seleksi FLS2N Dikdas Tahun 2021