FKKG Wuryantoro Kupas Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar

KKG online kembali diselenggarakan kerjasama Gugus Pattimura, PAI dan PJOK. KKG online kali ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020 dari pukul 09.00 WIB – selesai. Melalui aplikasi Microsoft teams, KKG dapat terlaksana dengan lancar. Peserta KKG online adalah Bapak/Ibu Guru anggota KKG Gugus Pattimura, PAI dan PJOK Korwil Kecamatan Wuryantoro. KKG Online dengan materi Pembelajaran Inovatif ini dipandu oleh moderator Tri Mudiyatni, S.Pd. SD. KKG dibuka oleh salah satu perwakilan kerjasama yaitu Kholidah Masykuroh, S.Pd.I dari KKG PAI. Materi disampaikan dengan jelas oleh narasumber yang memiliki segudang prestasi yaitu Agung Vendi Setyawan, S.Pd.SD.M.Pd. dari SDN 4 Tamanan, Kalasan, Sleman.

Narasumber yang juga merupakan Duta Sains ini menjelaskan bahwa pembelajaran inovatif dapat terus dilaksanakan oleh guru walaupun masih pada masa pandemi. Pembelajaran inovatif dapat dikaitkan dengan literasi maupun karakter yang akan dibentuk pada peserta didik. Pembelajaran inovatif ini tentunya tidak hanya yang berkaitan dengan teknologi informatika saja tetapi dapat dikemas oleh guru melalui benda-benda disekitar menjadi pembelajaran yang menarik.

Berbagai macam inovasi dapat dilakukan dalam pembelajaran misalnya melalui dongeng, gerak tari, lagu, drama dan sebagainya. Pembelajaran seperti ini akan mendorong siswa untuk tetap bersemangat dan tidak merasa bosan. Selain mengajar seorang guru masih tetap bisa berkarya. Guru dapat menulis pembelajaran inovatif yang dilakukan menjadi sebuah Best Practice dan dipublikasikan menjadi artikel ilmiah maupun jurnal ilmiah. Pengalaman-pengalaman guru dalam mengajar selama belajar di rumah juga dapat ditulis menjadi sebuah cerpen yang dapat dibukukan. Oleh sebab itu, beliau mengajak guru untuk terus menciptakan pembelajaran inovatif dan membuat karya dengan menulis. Narasumber juga menyampaikan contoh pembelajaran inovatif beserta karya-karya beliau yang dapat dijadikan gambaran oleh guru dalam menciptakan inovasi pembelajaran dan berkarya.

Setelah materi selesai disampaikan oleh narasumber, dilanjutkan dengan tanya jawab dan pembagian doorprize melalui Quiziz. Penanya dan peserta yang menduduki 3 peringkat teratas dalam menjawab Quiziz akan memperoleh dorprize. Kegiatan KKG Online selesai dan ditutup oleh moderator. KKG online kali ini berjalan sesuai rencana sehingga memberikan banyak ilmu dan wawasan bagi peserta KKG. Kritik dan saran yang membangun sangat kami harakan demi perbaikan dan kelancaran KKG online selanjutnya.