FKKG Wuryantoro Ikuti Pelatihan Mandiri PMM

Forum Kelompok Kerja Guru Kecamatan Wuryantoro menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar” pada Kamis, 15 September 2022. Kegiatan berlangsung mulai pukul 11.00 WIB sampai dengan 13.30 WIB di aula SD Negeri 1 Wuryantoro. Kegiatan dibimbing oleh narasumber, Anis Ayu Agustin, guru SD Negeri 4 Gumiwang Lor. Peserta kegiatan ini terdiri dari seluruh guru Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Muh Yamin, Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (KKG PJOK) dan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama (KKG PABP).  

Narasumber menghimbau semua guru yang memiliki akun belajar.id dapat menyelesaikan Pelatihan Mandiri sesuai target. Para guru diharapkan saling bekerja sama dalam percepatan PMM ini, dikarenakan banyaknya topik pembelajaran yang harus diselesaikan. Peserta harus menyelesaikan 12 topik pelatihan, setiap topik terdiri dari 2 – 8 modul yang didalamnya memuat video maupun artikel  pembahasan materi yang wajib dipelajari, latihan pemahaman dan kegiatan reflektif yang wajib dikerjakan. Peserta masih banyak yang belum menyelesaikan pelatihan mandiri, dikarenakan kurangnya pemahaman tentang Platform Merdeka Mengajar ini.  

Narasumber kembali menjelaskan bahwa Pelatihan Mandiri di PMM untuk Kabupaten Wonogiri harus tuntas pada kegiatan post test pada akhir September ini. Peserta kegiatan telah menyiapkan gawai maupun laptopnya masing-masing untuk mengikuti pelatihan. Setiap tahapan atau langkah kegiatan dijelaskan satu per satu secara detail oleh narasumber. Peserta menyimak dan mempraktikkan setiap tahapan pelatihan  yang dijelaskan dengan semangat. Dengan didukung koneksi jaringan internet yang baik, gawai maupun laptop yang memadai, serta kekompakan antar guru, terbukti selama 2,5 jam telah menyelesaikan 4 topik pelatihan di Platform Media Mengajar. 

Di penghujung kegiatan, Anis Ayu Agustin mengingatkan agar peserta dapat melanjutkan pelatihan topik lainnya secara mandiri di sekolah maupun di rumah pada waktu luang. Sehingga target percepatan pelatihan mandiri Platform Media Mengajar (PMM) dapat terlaksana sesuai target. Kedepannya PMM ini dapat dimanfaatkan pendidik dengan baik untuk memajukan pendidikan di Indonesia.