FKKG Purwantoro Pelajari Model Pembelajaran STEM

Perkembangan pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Hal ini merupakan kunci untuk mencapai tujuan pembangunan nasional. Salah satu wadah untuk mengusahakan peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah dengan pendidikan. Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Purwantoro menyelenggarakan KKG gabungan secara virtual. Materi kegiatan masih model pembelajaran STEM untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran Jarak Jauh saat ini. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru di Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro baik guru kelas, guru PAI dan guru Penjasorkes. Kepala Sekolah juga ada yang mengikuti kegiatan KKG yang diselenggarakan melalui aplikasi Microsofs Teams ini sehingga jumlah peserta mencapai seratus orang lebih.

Kegiatan KKG dibuka oleh Dewi Kristyowening, guru guru SDN 3 Kepyar selaku host dan selanjutnya acara dipandu oleh Puji Rahayu, guru SDN 1 Kepyar sebagai moderator. Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro, Sri Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa model pembelajaran STEM yang telah dipelajari harus diterapkan dan dipraktikkan di pangkalan masing-masing karena tantangan pendidikan ke depan semakin maju. Guru sebagai pendidik jangan kalah cepat dengan perkembangan di luar. Beliau juga menyampaikan bahwa SDN 2 Purwantoro yang merupakan salah satu SD piloting Uji Coba Tatap Muka telah berlangsung selama 6 hari dan kegiatan berjalan dengan lancar. Semoga ke depan semua SD di Kecamatan Purwantoro dapat segera melakukan kegiatan tatap muka. Beberapa program yang diselenggarakan baik dari dinas, Forum KKG guru maupun tim kreatif seperti e-KTSP, e-rapor, Program Guru PAI selama Ramadan mohon dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Rulli Hari Utomo, ruru SDN 3 Bakalan selaku narasumber di awal menyampaikan  bahwa kegiatan KKG tahun ini pelaporan dilakukan secara online sehingga diharapkan semua peserta KKG mengikuti kegiatan KKG secara sunguh-sungguh. Materi yang disampaikan merupakan lanjutan dari materi sebelumnya yaitu Model Pembelajaran STEM. Pembelajaran ini dimulai dengan pengenalan Mathematical Modeling Framework yang menekankan perlunya penalaran dalam menyelesaikan suatu masalah. Semua mata pelajaran pasti ada matematikanya namun tidak semua materi dapat menggunakan STEM. Materi ajar untuk pendekatan STEM harus disesuaikan dengan karakteristik pembelajaran STEM. Analisis STEM pada Kurikulum 2013 meliputi Identifikasi Topik-topik, Kompetensi Dasar dan Proses Analisis. Hal yang dapat dilakukan pendidik untuk Menyusun pembelajaran dengan menggunakan model STEM adalah melakukan analisis KD, memilih KD, menentukan IPK, menentukan rancangan aktivitas dan terakhir menentukan komponen S,T,E,M. Kegiatan KKG kali ini berlangsung sangat interaktif sehingga waktu dua jam tidak terasa. Banyak sekali pertanyaan baik terkait soal matematika maupun cara menggunakan model STEM didiskusikan bersama. Di akhir acara terdapat kuis dari narasumber yang menambah antusias semua peserta untuk terus mengikuti acara-acara KKG selanjutnya.