FKKG Purwantoro Optimalkan Pemanfaatan Office 365  dalam Pembelajaran Melalui KKG Virtual

Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan selama masa pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan. Berbagai kegiatan secara daring banyak diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi guru. Salah satu peningkatan kompetensi guru yaitu dengan mengikuti Kegiatan Kolektif Guru (KKG) secara virtual. Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) kecamatan Purwantoro menggelar kegiatan Video Conference menggunakan aplikasi Microsoft Teams ( Rabu, 19 Agustus 2020 ).

Kegiatan ini diikuti oleh pengawas, kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran se-Kecamatan Purwantoro. Namu demikian, ada juga peserta dari luar kecamatan Purwantoro yang ikut bergabung. Kegiatan Vicon ini sebagai tindak lanjut dari program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri terkait optimalisasi akun office 365 yang telah diberikan kepada sekolah dan para pendidik di Kecamatan Purwantoro.

Kegiatan Video Conference dibuka oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro, Sri Hartono, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas prakarsa dan kerja kerasnya sehingga dapat menyelenggarakan kegiatan kolektif guru secara daring. Sri Hartono, S.Pd., M.Pd. juga berharap bahwa pemanfaatan Office 365 dapat menjadi aset penting bagi dunia pendidikan, khususnya Dinas Pendidikan kabupaten Wonogiri. Selain itu, kegiatan ini diharapakan dapat meningkatakan kualitas dan kompetensi para pendidik di Kecamatan Purwantoro.

Pertemuan virtual yang berlangsung sekitar tiga jam ini dipandu oleh moderator Eva Marjuni, S.Pd., guru SD Negeri 2 Sumber, dan Bayu Adi Saputra, S.Pd., guru SD Negeri 2 Joho, sebagai host. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, Puji Purwati, S.Pd., guru SD Negeri 1 Miricinde. Dalam penyampaiannya, Puji Purwati,S.Pd menjelaskan tentang berbagai aplikasi Office 365 yang dapat dimanfaatkan pada dunia pendidikan. Mulai dari aplikasi Microsoft Teams yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran secara virtual, Microsoft Onedrive untuk penyimpanan awan, Microsoft Forms untuk pembuatan kuis maupun soal daring, serta aplikasi Microsoft Sway untuk membuat presentasi secara daring. Selanjutnya Ia juga melakukan demonstrasi penggunaan keempat aplikasi tersebut. Penyampaian demonstrasi cukup jelas sehingga memudahkan peserta untuk ikut praktik dalam penggunaan berbagai aplikasi tersebut.

Pada kegiatan akhir, diadakan kuis yang disambut dengan penuh antusias oleh para peserta. Kuis yang memanfaatkan website kahoot.it tersebut semakin menambah keseruan kegiatan ini. Para pemenang dalam kuis juga mendapat doorprize yang menarik. Meskipun sempat beberapa kali terkendala jaringan internet yang kurang lancar, namun para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan Video Conference sampai selesai. Tercatat ada ratusan peserta yang masuk dalam meeting room. Mereka juga ada yang bergabung dalam satu sekolah agar efektif karena terkendala koneksi internet.

Untuk penguatan materi, narasumber menyampaikan bahwa dalam optimalisasi Office 365 dibutuhkan kemauan untuk membiasakan diri. Ia berharap, fitur-fitur yang terdapat dalam Office 365 dapat terus dimanfaatkan dalam dunia pendidikan di Purwantoro, tidak hanya untuk memaksimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di saat pandemi, namun juga untuk kegiatan pembelajaran pasca pandemi.