FKKG Purwantoro Optimalkan Akun Pembelajaran

FKKG Kecamatan Purwantoro melaksanakan KKG secara virtual pada Jumat, 27 Agustus 2021 dengan tema “Pemanfaatan Akun belajar.id untuk PJJ”. Kegiatan ini adalah lanjutan dari KKG materi TIK Pendukung PJJ yang dipandu oleh Sundari sebagai host dan Siti Aisah sebagai moderator. Kegiatan diawali sambutan Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro, Sri Hartono. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada pihak yang mendukung terselenggaranya acara ini. KKG ini diharapkan dapat diikuti secara serius, lancar dan berkelanjutan. Guru harus tetap semangat untuk selalu berinovasi dan berkreasi meski masih dalam masa pandemi. Peran guru sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran jarak jauh saat ini sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kecamatan Purwantoro.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Puji Purwati. Puji menyampaikan materi yang sangat menarik dalam menunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Materi yang disampaikan yaitu pemanfaatan akun belajar.id yang diberikan secara gratis oleh Kemdikbudristek. Dalam akun belajar.id yang dikeluarkan oleh Google Workspace for Education banyak sekali fitur-fitur yang menunjang dalam PJJ antara lain: Google Meet, Google Slide, Google Classroom, Google Form, Google Drive dan yang lainnya. Penggunaan Google Meet dalam berinteraksi dengan siswa pada saat penyampaian materi secara virtual, guru bisa berinteraksi layaknya pembelajaran tatap muka dengan siswa serta penggunaannya yang sangat mudah dan sederhana. Google form digunakan untuk pembuatan presensi siswa dan juga pembuatan kuis untuk mengetahui sejauhmana siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Google slide layaknya kita membuat PowerPoint yang digunakan sebagai salah satu media yang digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran kepada siswa. Penggunaan Google Classroom untuk mengelola kelas, tugas, dan nilai secara online tanpa kertas. Menambahkan materi ke tugas, seperti video YouTube, survei Google Formulir, Google Slide dan link untuk Google Meet. Seperti guru dalam mengelola kelas, namun bedanya ini secara virtual. Kita juga dapat memanfaatkanGoogle Drive yang memiliki kapasitas tidak terbatas, tidak seperti penggunaan flasdisk yang terbatas dan mahal.

Peserta mengikuti kegiatan dari awal hingga berakhirnya kegiatan dengan antusias. Pada sesi akhir Puji purwati menyampaikan bahwa banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh Google Workspace for Education dan di fasilitasi oleh Kemendikbudristek untuk mempermudah PJJ. Guru harus menggunakan fasilitas ini secara baik, semangat dan maksimal. Penggunaan Google Workspace for Education dapat kita gunakan untuk belajar kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja. Setelah kegiatan KKG, diharapkan para guru dapat memanfaatkan materi ini dalam kegiatan pembelajaran dengan peserta didik sehingga akan mendukung kelancaran PJJ saat ini.