FKKG Purwantoro Kupas Tuntas Model Pembelajaran STEM

Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi, merupakan tantangan baru untuk  para guru. Pembelajaran daring (dalam jaringan atau online) membuat guru harus kreatif menggunakan model pembelajaran yang menarik. FKKG Purwantoro mengadakan KKG virtual menggunakan Microsoft Team (Sabtu, 20/3/2021). Kegiatan ini diikuti oleh guru kelas, guru Penjasorkes dan guru PAI di Koordinator Wiayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro. Tujuan dari kegiatan ini adalah pengenalan model pembelajaran STEM dan implementasinya dalam pembelajaran. Kegiatan virtual ini dipandu oleh host, Mariana (Guru SDN 2 Purwantoro) dan moderator Rohiman (Guru SDN 2 Talesan).

Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro, Sri Hartono dalam sambutannya saat membuka acara, menyampaikan ucapan terima kasih kepada FKKG Purwantoro yang telah mengadakan kegiatan ini. Beliau juga menyampaikan bahwa model pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) merupakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran abad 21. Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mempersiapkan generasi dengan empat keterampilan penting yaitu kreativitas, pemikiran kritis, kolaborasi, dan komunikasi. Di akhir sambutan beliau mengimbau kepada seluruh guru di Korwilcam Bidang Pendidikan Purwantoro untuk mengikuti dan mencermati dengan baik agar dapat menerapkan model pembelajaran STEM yang akan disampaikan oleh narasumber.

Materi pokok dalam KKG virtual tersebut adalah Model Pembelajaran STEM, disampaikan oleh narasumber Daryanti. Dalam paparannya, pembelajaran STEM dipandang sebagai perubahan yang signifikan pada momen abad ke-21. STEM menjadi ide awal untuk memfasilitasi siswa dalam belajar secara bermakna. Science merupakan kajian tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran sebagai wahana untuk menjelaskan secara objektif keadaan alam yang selalu berubah. Technology merupakan inovasi manusia yang digunakan untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia dalam memperbaiki kualitas hidup. Engineering merupakan pengetahuan dan keterampilan untuk memperoleh dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan untuk mendasain dan mengkonstruksi mesin, peralatan, sistem, material, dan proses yang bermanfaat bagi manusia. Sedangkan Mathematic merupakan cabang ilmu yang berkenaan dengan pola dan hubungan dalam pemecahan masalah. Beliau juga memaparkan bahwa salah satu cara implementasi STEM melalui Project Based Learning (PBL), yang memfasilitasi siswa untuk meningkatkan minat belajar  dan melibatkan siswa langsung dalam proses penyelesaian masalah dan kolaborasi. Beliau juga menyampaikan, bawah ciri khas STEM adalah ada EDP (Engineering Design Process), mengutamakan proses, mendesain berulang-ulang, dan 4C (critical thinking, creativity, collaboration, communication) serta teknologi. Sebelum mengakhiri penyampaian materinya, beliau menegaskan bahwa tidak semua tema dalam pembelajaran dapat diaplikasikan dengan STEM. STEM tidak dilakukan terus menerus, minimal satu semester ada satu proyek STEM.

KKG virtual yang berlangsung kurang lebih dua jam dan diikuti oleh peserta dengan penuh antusias. Hal ini terbukti ketika memasuki sesi tanya jawab, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber yang dipandu oleh moderator. Semua peserta diharapkan dapat memahami model pembelajaran STEM dan mampu menerapkan model pembelajaran tersebut, terutama saat pembelajaran jarak jauh agar pembelajaran menjadi bermakna.