FKKG Purwantoro Gelar Pelatihan Teknis e-Rapor Sesi 3

FKKG Kecamatan Purwantoro mengadakan Pelatihan Teknis e-Rapor Sesi ke-3 pada Sabtu,13 Maret 2021 secara virtual. Kegiatan virtual ini melalui Microsoft Teams dengan peserta semua guru kelas dan guru mata pelajaran. Kegiatan ini sebagai lanjutan kegiatan diseminasi e-Rapor SD yang sebelumnya sudah dilaksanakan secara luring dan daring. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi pemantapan materi dalam menggunakan aplikasi e-Rapor. Kegiatan dibuka oleh Endah Purwaningsih sebagai host dan dipandu oleh Lilis Fitriani sebagai moderator. Sebelum penyampaian materi oleh narasumber kegiatan dimulai dengan sambutan dari Sri Hartono selaku Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro. Dalam sambutannya Sri Hartono mengharapkan agar semua guru, baik guru kelas dan guru mata pelajaran mengikuti kegiatan ini dengan baik dikarenakan penginputan e-Rapor segera diterapkan.

Kegiatan pelatihan dimulai pukul 09.00 WIB dengan narasumber Shidiq Prasetyo guru SD Negeri 2 Talesan dan Afeq Rohmawan guru SD Negeri 2 Bakalan. Materi yang disampaikan yaitu tentang pemantapan materi e-Rapor SD bagi guru dan wali kelas dengan mengulang kembali bagaimana cara pemetaan kompetensi dasar dan perencanaan penilaian. Penyampaian materi diawali oleh Shidiq Prasetyo tentang pemetaan kompetensi dasar. Pada tahap awal dijelaskan hal-hal yang perlu disiapkan saat pengaplikasian e-Rapor. Penginputan nilai bisa dilakukan dari import nilai. Unduh terlebih dahulu format penilaian melalui aplikasi e-Rapor, kemudian isi sesuai perencanaan penilaian yang kita lakukan. Narasumber kedua Afeq Rohmawan melanjutkan materi dengan paparan tentang perencanaan penilaian pada aplikasi e-Rapor. Tahap perencanaan penilaian merupakan lanjutan tahap pada pemetaan kompetensi dasar. Dalam perencanaan penilaian ini kita bisa memilih sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.

Selesai penyampaian materi, moderator memandu sesi tanya jawab yang dilaksanakan melalui dua sesi. Beberapa pertanyaan guru ditanggapi dengan jelas dan rinci oleh narasumber. Kesimpulan dari kegiatan hari ini yaitu laptop admin atau operator harus sudah terinstal aplikasi e-Rapor, password dibutuhkan untuk login ke e-Rapor, penginputan kompetensi dasar dan nilai dilaksanakan oleh masing-masing guru guru kelas maupun buku mata pelajaran, sebelum menginput nilai, dan guru harus meneliti pemetaan kompetensi dasar agar tidak terjadi kekeliruan atau kompetensi dasar yang tertukar. Penggunaan aplikasi e-Raport sebenarnya mudah untuk diterapkan karena aplikasi sudah tersedia. Guru tinggal mengunduh, mempelajari dan menerapkan.