FKKG Purwantoro Gelar Inovasi Pembelajaran SAC

FKKG Purwantoro mengadakan kegiatan kolektif guru kedua kalinya secara daring. Tema kegiatan adalah inovasi pembelajaran dengan materi yang sama dengan pertemuan pertama yaitu Smart Aps Creator (SAC). Kegiatan ini dilaksanakan melalui Microsoft Teams (Sabtu, 19/2/2022). Suwondo sebagai host dan Rohfiyanti sebagai moderator memandu jalannya acara sampai selesai. Tujuan diadakan KKG adalah untuk memperdalam penguasaan materi penggunaan aplikasi Smart Aps Creator (SAC) bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Purwantoro. Peserta kegiatan yang masuk room sekitar 124 orang, terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran se-Kecamatan Purwantoro. Korwilcambidik Purwantoro Sri Hartono memantau langsung kegiatan KKG. Para peserta terlihat antusias sejak awal, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan kepada narasumber yaitu Hendrik Hermawan.

Pemaparan materi diawali dari narasumber memberikan contoh-contoh animasi dan bagaimana cara untuk menambah animasi lain melalui pencarian di Google agar bisa menambah template, sehingga menjadi lebih menarik tampilan materi yang akan dibuat dan disampaikan ke peserta didik. Selain menambah animasi, narasumber juga menyampaikan bagaimana pemanfaatan Powerpoint untuk mempermudah mengedit file gambar ataupun tulisan sehingga menunjang penggunaan aplikasi SAC tersebut. Didalam aplikasi SAC dapat juga disisipkan video dari Youtube, sehingga mempermudah pengguna aplikasi untuk memperbanyak cakupan materi/isi didalam aplikasi yang dibuat.

Pendalaman materi yang narasumber sampaikan lebih menekankan bagaimana pemanfaatan menu Animation dan Interaction. Kedua menu tersebut paling sering digunakan dalam aplikasi ini dikarenakan dengan kedua menu tersebut akan memperindah tampilan materi yang akan dibuat, sehingga peserta didik diharapkan lebih tertarik dengan materi yang disampaikan dalam aplikasi.           Dalam aplikasi SAC juga dapat dibuat untuk permainan (game), dengan mengaplikasikan menu-menu yang terdapat didalam aplikasinya. Penggunaan aplikasi SAC sebenarnya cukup mudah, asalkan berani mencoba dan juga membiasakan menggunakannya. Aplikasi SAC juga bisa dikombinasikan dengan aplikasi Quizizz ataupun Google Form, caranya yaitu dengan mengambil link yang terdapat dalam Quizizz atau Google Form tersebut lalu di salin vrl nya di aplikasi SAC.

Diakhir acara, narasumber berharap semoga guru-guru SD di Kecamatan Purwantoro lebih bersemangat dalam belajar dengan penuh tekad sehingga bisa menjadi guru yang semakin inovatif dalam mengembangkan kualitas pendidikan di Indonesia. Semoga dengan kegiatan semacam ini kedepannya kemampuan guru akan lebih meningkat sehingga akan mencetak generasi bangsa yang lebih baik.