FKKG Purwantoro Bekerjasama Sang Pengajar Gelar Penulisan Buku

FKKG Purwantoro melaksanakan KKG secara virtual Sabtu, 9 Oktober 2021 dengan tema Publikasi Ilmiah Buku”. Kegiatan ini bekerjasama dengan Sang Pengajar yang dipandu Shidiq Prasetyo sebagai Host dan Sri Wasito sebagai moderator. Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Purwantoro, Sri Hartono mengawali acara dengan memberikan sambutan. Beliau menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya acara. KKG  ini diharapkan dapat diikuti oleh guru-guru di Purwantoro sehingga kedepannya dapat menulis buku dengan baik. 

Narasumber pada kegiatan ini adalah Agus Dwianto. Beliau menyampaikan inspirasi apa saja yang dapat ditulis untuk menyusun sebuah buku. Di awal acara beliau memberikan contoh bapak/ibu guru yang sudah berhasil dalam menulis buku dan juga bagaimana karya tulis juga dapat dijadikan sebagai buku. Menurut Agus Dwianto, buku merupakan bahasa populer sehingga bisa dipahami banyak orang, sehingga kita para guru diharapkan bisa menulis buku sehingga tulisan kita bisa dilirik oleh banyak kalangan

Dalam bukunya yang berjudul Menulis Buku dari Nol beliau memberikan tips sederhana bagaimana cara atau memulai menulis buku. Pada buku keduanya Guru Desa Membelah Angkasa, memberikan cerita yang sangat inspiratif yaitu motivasi seorang guru yang mengajar di daerah pelosok Wonogiri, yaitu di sekitar pantai Nampu yang dapat beasiswa melanjutkan sekolah S2 di Makasar. Selain kedua buku tersebut, beliau sudah menulis berbagai macam buku, antara lain Membuat Website dari Nol, The Flash Teacher, dan Ilmuwan cilik. Menurut beliau mengutip kata-kata dari Pramoedya Ananta Toer,”Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. 

Menulis mempunyai banyak manfaat, diantaranya membawa keuntungan secara fiansial,  tuntutan profesi, dan masih banyak lagi. Untuk lebih semangat dalam menulis sebuah buku, didapatkan dari penulis kondang di Indonesia yang tulisannya terkenal dan menjadi best seller baik di Indonesia maupun Internasional. Salah satu contohnya adalah Andrea Hirata. Ia seorang penulis buku best seller yang laku di Indonesia dan juga dunia. Karyanya sampai digubah kedalam 21 bahasa Internasional dan filmnya juga menjadi film yang banyak dilihat khusunya di Negara Asean. Selain di Indonesia, karya Hebat Karya Penulis luar negeri yang berjudul Harry potter yang merupakan buku yang sempat ditolak oleh banyak penerbit malah akhirnya sampai sekarang menjadi salah satu buku best seller dunia hingga dibuatkan film yang juga laku keras dan terkenal di seluruh dunia. 

Tips agar kita bisa menulis sebuah karya diantaranya :  1) dimulai dari niat mulia, menulis dari nol bukan merupakan keniscayaan, karena menulis hakikatnya bukan bakat akan tetapi keterampilan yang dapat diasah, dan mudah asalkan kita mau melakukannya; 2) menulis dimulai dari meluangkan waktu; 3) mempunyai komitmen dan membuat jadwal untuk menulis; 4) lakukan kegiatan tersebut secara rutin;5) dan yang paling penting adalah fokus supaya tidak terganggu dengan aktivitas yang lain. Semoga dengan acara KKG ini, harapan dari Narasumber adalah lahirnya penulis-penulis handal khusunya yang berasal dari wilayah Kecamatan Purwantoro.