FKKG Kismantoro Pelajari Teknik Asesmen Nasional

FKKG Kismantoro menggelar kegiatan virtual pada Sabtu, 27 Maret 2021 dengan Microsoft Teams. Kegiatan yang mengusung tema Teknik Asesmen Nasional ini dilaksanakan pukul 09.00-11.00 WIB dengan 125 peserta terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, dan guru mata pelajaran se-Kecamatan Kismantoro. Kegiatan virtual ini menghadirkan narasumber Suyanto, guru SD Negeri 2 Klunggen, Slogohimo yang juga merupakan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Bertugas pada kegiatan ini adalah Agus Budiyanto, guru SD Negeri 1 Kismantoro sebagai ketua penyelenggara, Edy Prastyo, guru SD Negeri 3 Ngroto sebagai host, dan Bayu Triyono, guru SD Negeri 1 Plosorejo sebagai moderator.

Acara ini dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan pemutaran lagu Indonesia Raya 3 stanza  dan sambutan dari Pengawas TK/SD Kecamatan Kismantoro, Parwiyanto. Dalam sambutannya, Parwiyanto menyampaikan bahwa Kegiatan KKG ini agar dilaksanakan  dengan baik di sekolah, tidak sekadar memenuhi kewajiban seorang guru saja tetapi juga harus berdampak pada hasil belajar peserta didik, khususnya di Kecamatan Kismantoro. Parwiyanto juga mengajak untuk senantiasa menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan. Acara inti penyampaian materi Teknis Asesmen Nasional oleh Suyanto. Pada sesi kedua ini Suyanto menyampaikan Asesmen Nasional terdiri atas AKM, Survei Karakter dan Survei lingkungan. AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) terdiri literasi membaca dan numerasi siswa. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa, dan survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat sekolah.

Assesmen Nasional dilaksanakan berbasis komputer dan soal soalnya bersifat adaptif. Peserta terdiri dari seluruh satuan pendidikan, tidak semua murid, pemilihan sampel secara acak, diambil dari kelas 5, 8 dan 11. Tes terdiri dari Literasi, Numerasi, Survei karakter dan Survei lingkungan belajar.             Jadwal pelaksanaan untuk SD/MI hari pertama Tes Literasi 75 Menit dan Survei Lingkungan Belajar 20 Menit. Hari kedua Tes Numerasi 75 Menit dan Tes Lingkungan Belajar 20 Menit. Bentuk Soal Pilihan ganda, Pilihan ganda komplit, Menjodohkan, Isian singkat dan Uraian. Materi yang disampaikan Suyanto cukup menarik perhatian peserta. Hal ini ditandai peserta masih mengikuti kegiatan sampai penutupan. Bahkan, beberapa peserta guru kelas dan guru mata pelajaran menyampaikan beberapa pertanyaan terkait Teknik Asesmen Nasional.