FKKG Kismantoro Pelajari Pembelajaran Sosial dan Emosional

FKKG Kecamatan Kismantoro menggelar vicon dengan Google Meet pada Sabtu, 21 Mei 2022 dengan materi Pembelajaran Sosial dan Emosional. Kegiatan ini digelar oleh pengurus KKG Abhinaya Kismantoro. Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 09.00-11.00 WIB ini diikuti oleh kepala sekolah dan guru se-Kecamatan Kismantoro, dengan jumlah peserta sebanyak 100 orang. Bertindak sebagai host adalah Lujeng Rahmawati dari SD Negeri 1 Gambiranom, sedangkan moderator Dhidhik Adhitya Irawan dari SD Negeri 2 Gambiranom. Kegaiatan ini menghadirkan pemateri Robbaningrum Julia Widhi Astuti, guru SD Negeri 1 Miri yang juga merupakan Guru Penggerak Angkatan IV.

Setelah rangkaian acara pembukaan, kegiatan berlanjut dengan acara inti yaitu paparan dari narasumber. Kegiatan inti vicon dengan materi Pembelajaran Sosial dan Emosional ini disampaikan oleh narasumber yang diawali dengan cerita awal perjalanan Program Guru Penggerak hingga sekarang pada Lokakarya 4. Dalam paparannya, narasumber menyampaikan bahwa Pembelajaran Sosial dan Emosional (PSE) adalah sebuah pendekatan  dalam pengelolaan proses pembelajaran di sekolah yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses pembelajaran PSE memungkinkan siswa (di semua jenjang, tingkat dan kelas) dan orang dewasa (kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan) yang ada di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dalam berbagai sikap sosial dan emosional secara positif. Implementasi PSE antara lain mengajarkan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) secara spesifik dan eksplisit, Mengintegrasikan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ke dalam praktik mengajar guru dan gaya interaksi dengan murid, mengubah kebijakan dan ekspektasi sekolah terhadap siswa, mempengaruhi pola pikir siswa tentang persepsi diri, orang lain dan lingkungan.

Setelah paparan dari narasumber selesai, acara berlanjut ke sesi penutup. Bersama narasumber, peserta menyimpulkan bahwa Pembelajaran Sosial dan Emosional dapat mengelola emosi, peduli sesama, mengenali emosi, membuat keputusan yang baik, berpeilaku yang baik, mengembangkan prilaku positif dan menghindari perilaku yang negatif dalam pembelajaran.