FKKG Kecamatan Wonogiri Dalami Penggunaan Akun Belajar

KKG Kecamatan Wonogiri melaksanakan kegiatan bersama secara virtual dengan tema “Pendalaman Akun belajar.id” Sabtu (5/3/2022). Kegiatan ini dilakukan secara virtual, melalui Google Meet. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB, bertugas sebagai host Dwi Nuryani guru SD Negeri 2 Purwosari dan  moderator Yunita Rahmawati guru SD Negeri 1 Purwosari. Host, menyapa peserta di room meeting dilanjutkan Yunita Rahmawati memandu jalannya kegiatan. Toyik Haryanto guru SD Negeri 1 Wonogiri selaku narasumber menyampaikan, dengan pemanfaatan akun belajar.id dari Google, pembelajaran tetap berjalan dengan baik walaupun di masa pandemi. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan fasilitas kepada pendidik dan peserta didik berupa akun belajar.id dari Google. Ketika kita memakai akun belajar.id  terdapat banyak sekali fasilitas yang didapatkan dibandingkan dengan menggunakan akun biasa dari Google.

Kebijakan merdeka belajar bertujuan agar peserta didik dapat belajar dimana saja, kapan saja, dan apa saja dapat digunakan untuk belajar. Akun belajar.id ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Intinya kita memberi fasilitas ke anak-anak untuk belajar di rumah, salah satunya yaitu melalui akun belajar.id. Sehingga dapat mengantarkan anak-anak untuk bertahan dan siap dalam menghadapi era global. Sebagai tenaga pendidik, pasti memiliki akun SIMPKB. Saat kita login ke akun SIMPKB masing-masing pasti akan menemukan notifikasi tentang menautkan akun SIMPKB dengan akun belajar.id. Batas menautkan tersebut adalah 12 Maret 2022. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk bekerja sama agar kita sebagai guru tidak ketinggalan informasi tersebut. Cara menautkan akun SIMPKB dengan akun belajar.id yang pertama adalah kita harus hafal dengan username dan password dari masing-masing akun tersebut. Jika mengalami permasalahan misal lupa bisa menghubungi operator sekolah atau dinas terkait.

Akun belajar.id  bukan hanya untuk guru, melainkan peserta didik dari kelas 1 sampai kelas 6 sudah dapat memiliki. Hal ini dapat membantu siswa dan guru dapat menjadwalkan pembelajaran secara efektif. Memang untuk pelaksanaan masih belum maksimal, tetapi lambat laun akan berjalan maksimal. Salah satu aplikasi yang ada di akun belajar.id yang dapat dimanfaatkan dengan baik yaitu Google Form. Penggunaan Google Form  dapat dimanfaatkan untuk memberikan tugas kepada peserta didik atau meminta siswa melengkapi data yang dibutuhkan guru. Kelebihan menggunakan akun belajar.id yaitu semua perangkat pembelajaran mulai dari presensi  siswa, buku siswa, video pembelajaran, link meeting, kuis, chat form dan lain-lain dapat termuat dalam satu link saja, sehingga siswa dengan mudah mengakses lengkap perangkat pembelajaran. Di akhir sesi dilakukan tanya jawab antara pemateri dan peserta KKG terkait dengan pemanfaatan belajar.id. Banyak sekali manfaat yang bisa dapatkan dengan menggunakan akun belajar.id yang telah disediakan oleh pemerintah. Diharapkan dengan adanya penjelasan mengenai penggunaan Google Form melalui belajar.id di pertemuan KKG pada kesempatan ini,  semua pendidik dan peserta didik di Kecamatan Wonogiri dapat melaksanakan pembelajaran daring dan PTM terbatas dengan baik.