FKKG Kecamatan Tirtomoyo Selenggarakan Diseminasi dan Pelatihan e-Rapor SD

Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Kecamatan Tirtomoyo menyelenggarakan kegiatan Diseminasi dan Pelatihan e-Rapor SD. KKG sesi 3 diselenggarakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 secara luring yang bertempat di Aula Krida Wiyata Korwil Kecamatan Bidang Pendidikan Tirtomoyo dengan diikuti oleh 40 peserta dengan mematuhi protokol kesehatan mencuci tangan/ memakai hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak. KKG kali ini diikuti oleh operator dapodik dan guru kelas dari dua gugus yaitu Gugus Ahmad Yani dan Gugus Sudirman.

Acara KKG sesi 3 secara luring ini dibuka oleh Purwono, selaku ketua KKKS Kecamatan Tirtomoyo. Beliau menyampaikan bahwa tahun pelajaran 2021/2022 sekolah diharapkan membuat E-KTSP dan E-Rapor. Pengerjaan aplikasi e-Rapor sudah tidak asing lagi bagi kita sebagai pendidik. Aplikasi e – rapor ini sebagai sarana pembantu dan sudah sinkron di dapodik. “ jadi mohon bantuan untuk memasukkan data e-rapor terutama operator, guru kelas dan guru mapel karena tahap penilaian di e-rapor ada UH, PTS, PAS ” ungkap Purwono.

Pada sesi selanjutnya disampaikan materi oleh Deni Condro Pujantoro, mengenai e-Rapor. Sebelum masuk hal teknis e-Rapor, masing-masing operator SD harus mengunduh aplikasi e-Rapor. “Agar instalasi dapat berjalan dengan baik, pastikan komputer server harus terinstal aplikasi Dapodik versi 2021b, menonaktifkan windows firewall dan anti virus yang terpasang di komputer tersebut” ungkap Deni sambil memandu cara penginstalan e – Raport . Pemateri lainnya, Maryanto, menambahkan bahwa setelah para operator berhasil mengunduh, bisa segera menginstal aplikasi e-Rapor SD versi 1.0 dan diupdate ke versi 1.1.

Syarat teknis untuk instalasi aplikasi E-Raport adalah komputer atau server dengan spesifikasi minimal prosesor setara dual core, OS windows XP/7/8/10 disarankan minimal windows 7 dengan RAM minimal 2GB dan ruang kosong pada drive C minimal 500MB.

Deni menjelaskan langkah pertama setelah instalasi adalah log in sebagai admin, kemudian ambil data dari dapodik dan sinkronkan data untuk selanjutnya masuk ke data user dan generate ulang user guna melihat data guru maupun walikelas. Untuk aplikasi ini bisa diinstal dibeberapa laptop, satu sebagai server yang di dalamnya juga ada aplikasi dapodik versi 2021b dan yang lainnya sebagai clien sehingga aplikasi bisa dikerjakan semua guru secara bersamaan tapi dalam satu jaringan (LAN). Sebelum ke materi terakhir yang akan disampaikan Normareta Niatama, Deni memandu cara mengerjakan e – Raport di komputer lain yang bertindak sebagai clien. Caranya ketik CMD pada pencarian komputer klik command prompt kemudian ketik ipconfig dan enter. Setelah muncul maka ketik Ipv4 Adrees pada komputer clien. Cara ini bisa berhasil jika didukung dengan jaringan internet yang lancar, karena ada sebagian peserta tidak berhasil karena hal tersebut.

Pemateri terakhir adalah Normareta Niatama, Pada materi terakhir ini disampaikan cara mengerjakan e – Raport log in sebagai Guru. Setelah berhasil langkah selanjutnya adalah mengedit Data Kompetensi Dasar sesuai dengan Kurikulum Nasional Permen 37 dan klik aktifkan. Aktifkan KD sesui dengan kelas, mata pelajaran, maupun semester kemudian klik simpan. Begitu seterusnya mengerjakan Rencana Penilaian, mencoba Input Data dan Nilai dan kita lihat apakah sudah muncul pada deskripsi. “ Untuk sampai munculnya pada deskripsi saya menghimbau untuk setiap mengisi data sesuai rencana dan jangan lupa klik simpan terlebih” ungkap Norma.

Di akhir sesi kegiatan diseminasi, pembawa acara menyampaikan bahwa pertemuan selanjutnya secara luring dengan materi yang masih sama Diseminasi dan Pelatihan aplikasi e-Rapor akan disampaikan pada pertemuan KKG di masing-masing gugus. Secara umum acara berjalan dengan lancar dan aman dengan selalu mematuhi protokol kesehatan.