FKKG Kecamatan Tirtomoyo Kupas Tuntas Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Populer

FKKG Kecamatan Tirtomoyo melaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, bertemakan “Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Populer di Media Massa” (Sabtu, 14/8/2021).

Kegiatan dapat terselenggara atas kerja sama pengurus KKG, K3S, dan Tim Kreatif Kecamatan Tirtomoyo. Kegiatan ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi Microsoft Teams. Kegiatan webinar ini menyampaikan materi tentang teknik penulisan artikel ilmiah populer di media massa karena banyak rekan guru yang masih ragu untuk menulis artikel ilmiah populer sehingga melalui forum KKG Kecamatan Tirtomoyo diharapkan para guru dapat memulai aktivitas menulis artikel ilmiah populer di media massa. Kegiatan yang dimoderatori oleh Multiana Sandi dimulai pukul 09.05 WIB dan diawali pembukaan dengan mengucap basmalah bersama.

Acara dilanjutkan dengan pengantar dari Suwarto, Ketua K3S Gugus Browijoyo. Beliau berharap para guru dapat mengikuti KKG virtual dengan seksama sehingga kegiatan ini dapat mendatangkan manfaat. Beliau juga berpesan agar selalu menjaga protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi gratis sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah. Di akhir sambutannya, Suwarto mengucapkan salam pramuka untuk membangkitkan semangat para guru serta mengajak para hadirin untuk mendoakan arwah para pahlawan.

           

Masuk acara inti yaitu penyampaian materi oleh Agus Dwianto. Dimulai dengan ucapan syukur agar apa yang diperoleh nantinya mendapatkan kebaikan. Beliau memberikan pengantar bahwa perkembangan media sangat beragam, mulai dari radio, majalah, koran, sampai dengan internet. Dahulu kala menulis artikel hanya sebatas di koran, namun saat ini bisa melalui internet. Dengan adanya kemudahan ini, Agus Dwianto berharap guru-guru di Kecamatan Tirtomoyo dapat produktif dalam menulis.

Artikel ilmiah populer yang merupakan bagian dari karya ilmiah lebih luwes dalam penyampaiannya karena artikel ini menggunakan media yang dapat diakses semua orang sehingga harus memakai bahasa yang mudah dipahami semua kalangan. Dua kata kunci yang harus dipenuhi dalam menulis artikel ilmiah populer adalah 1) memenuhi kaidah ilmiah, dan 2) bahasanya mudah dipahami (informatif).

Agus Dwianto menyampaikan terkait karakter dari artikel ilmiah populer, ditegaskan bahwa artikel ilmiah itu logis, tidak bertele-tele, memiliki dasar yang dapat dibuktikan, tuntas, objektif, cermat, jelas dan padat, tidak melibatkan emosi berlebihan, serta harus sesuai PUEBI. Satu hal yang perlu dicatat, beliau juga menyampaikan ada banyak sekali referensi yang bisa dipelajari yaitu pada Google Scholar dan tulisan dari Dahlan Iskan, serta memahami lagi tentang penulisan artikel ilmiah populer pada buku 4 Pengembangan Keprofesional Berkelanjutan (PKB).

Pada sesi tanya jawab ada 4 pertanyaan yaitu diantaranya tentang PTK yang sudah dinilaikan apa bisa diusulkan artikel ilmiah populernya, bagaimana tinjauan pustaka untuk variabel yang merupakan temuan kita sendiri, apa yang harus dilampirkan untuk menilaikan artikel di kenaikan pangkat, dan bagaimana cara agar tidak takut menulis. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan jelas hingga peserta dapat memahami.

Acara ditutup tepat pukul 11.46 WIB dengan mengucap hamdalah bersama dan menyimpulkan bahwa pada sesi selanjutnya diharapkan para guru membawa judul artikelnya masing-masing.