FKKG Kecamatan Tirtomoyo Kupas Pemanfaatan Aplikasi Sway

Keberadaan aplikasi pembelajaran saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi sangat penting agar dapat tercapai pembelajaran yang maksimal. Oleh sebab itu dibutuhkan aplikasi pembelajaran yang menarik, kreatif, serta tidak membosankan bagi peserta didik. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi sway. Selain mudah dalam mengoperasikannya, guru juga dapat berkreasi dalam menyampaikan materi pelajaran. Hal inilah yang melatarbelakangi FKKG Kecamatan Tirtomoyo menyelenggarakan pelatihan pemanfaatan aplikasi sway saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pelatihan ini terselenggara atas kerja sama antara FKKG, KKKS, dan Tim Kreatif Kecamatan Tirtomoyo.

Pelatihan pemanfaatan aplikasi sway ini telah dilaksanakan pada Senin, 08 Maret 2021 dan dilanjutkan dengan sesi kedua yang sukses dilaksanakan pada Selasa, 16 Maret 2021. Acara dimulai pada pukul 09.15 WIB dengan dipandu host Alvi Tri Widyaningsih. Sebelumnya Alvi membacakan susunan acara yaitu pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, pengantar perwakilan KKKS Sektor Tenggara, penyampaian materi, diskusi, dan penutup.

Memasuki acara pertama yaitu acara dibuka dengan bacaan basmallah yang dipandu oleh host lalu dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza. Acara selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan KKKS Sektor Tenggara, Suyatno. Beliau berpesan kepada bapak ibu guru di Kecamatan Tirtomoyo untuk mencermati jalannya pelatihan pemanfaatan aplikasi sway ini dan dapat  merespon dengan baik agar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah dapat berjalan maksimal. Beliau juga menyampaikan bahwa forum KKKS siap memfasilitasi terselenggaranya KKG agar berjalan dengan lancar dan diharapkan bapak ibu tetap semangat mengikuti meskipun masih dalam kondisi pandemi.

Di tengah acara yang sedang berlangsung, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yuli Bangun Nursanti, berkenan join dalam room meeting. Momen tersebut memberikan suntikan motivasi bagi rekan-rekan guru di Kecamatan Tirtomoyo untuk mengikuti acara pelatihan ini sampai selesai. Memasuki acara keempat  penyampaian materi oleh Maryanto.

Penyampaian materi diawali dengan mengulas materi pada pertemuan minggu lalu yakni materi tentang menambahkan judul pada tampilan sway, menambahkan heading, menambahkan gambar, membuat grup gambar, dan memberikan caption (keterangan) pada gambar. Materi yang disampaikan pada pertemuan kedua ini tentang cara menambahkan background pada tampilan sway yang telah dibuat, mengatur tampilan background agar tidak terpotong, menambahkan video pada tampilan sway, dan menambahkan link web pada tampilan sway.

Pada sesi tanya jawab terdapat tiga penanya yaitu Ninik Sumaryani, Sumiyati, dan Kunthi Widayatsih. Pertanyaan lebih mengarah ke teknis pembuatan tampilan sway agar diperoleh tampilan yang menarik, dan semua pertanyaan dijawab dengan baik dan jelas oleh narasumber.

Closing statement dari narasumber yaitu beliau berharap agar setiap gugus mewakilkan karya sway untuk dibagikan di pertemuan selanjutnya. Setelah dirasa sudah tidak ada lagi pertanyaan, acara ditutup oleh host pada pukul 11.15 WIB dengan bacaan hamdallah bersama.