FKKG Kecamatan Tirtomoyo Gelar Pembuatan Video Pembelajaran Saat PJJ

Upaya meningkatkan kompetensi guru di kecamatan Tirtomoyo, FKKG Kecamatan Tirtomoyo melaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Kecamatan Tirtomoyo kali ini bertemakan Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh. Kegiatan  Jum’at tanggal 26 Maret 2021 dengan materi  pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Wondershare Filmora.

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama pengurus KKG, K3S, dan Tim Kreatif Kecamatan Tirtomoyo ini dilakukakan secara virtual melalui aplikasi Microsoft Teams dan live streaming youtube yang  dimulai pukul 08.00 wib. Nur Sholihah, dari SDN 3 Sidorejo selaku host menyapa rekan guru sekaligus mengecek kehadiran dari masing-masing gugus yaitu Gugus Slamet Riyadi, Gugus Ahmad Yani, Gugus Brawijaya, dan Gugus Sudirman.

Kegiatan webinar ini menyampaikan materi tentang pemanfaatan aplikasi wondershare filmora karena di era pembelajaran jarak jauh ini diperlukan strategi belajar yang menarik agar peserta didik tidak bosan. Kegiatan yang dimoderatori oleh Nur Sholihah, dimulai pukul 08.00 WIB dan diawali pembukaan dengan membaca basmallah bersama.

Acara dilanjutkan dengan pengantar ketua K3S Korwil Tirtomoyo yaitu beliau Purwono. Pada kesempatan ini beliau berkata, “Semoga kegiatan ini menjadi referensi bagi kita dan menjadi bekal bapak ibu dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.” Beliau juga berharap momen penting ini dapat dijadikan untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh agar dapat terlaksana  dengan maksimal. Jadi kegiatan KKG seharusnya dilaksanakan dan dimaknai dengan sepenuh hati agar dapat bermanfaat untuk peserta didik. Serta jadikanlah kegiatan KKG sebagai kewajiban dan kebutuhan bagi bapak ibu guru.

Acara inti yaitu penyampaian materi oleh  Multiana Sandi. Dimulai dengan pengertian  aplikasi Wondershare Filmora secara umum, kelebihan dan kelemahannya serta cara menginstalnya. Wondershare Filmora itu sendiri adalah salah satu editor video yang berkembang di dunia. Filmora atau lengkapnya Wondershare Filmora Video Editor adalah sebuah aplikasi atau program yang dikeluarkan oleh Wondershare yang dirancang untuk memproses/mengedit video.

Proses pengeditan video dengan filmora relatif cukup mudah dan sederhana tapi memiliki kualitas yang cukup powerful. Namun saat menggunakan aplikasi ini tidak leluasa mengedit sesuai yang diinginkan, seperti mengedit menggunakan Adobe Premiere karena ukuran programnya kecil, sehingga perlu mengunduh terlebih dahulu fitur efek yang diinginkan. Multiana Sandi, mengatakan bahwa saat penginstalan aplikasi Wonder Share Filmora anti virus di offkan karena akan terbaca sebagai virus.

Pada sesi tanya jawab, Nur Sholihah,  mencatat ada 3 pertanyaan yaitu diantaranya pertanyaan tentang cara menginstal, aplikasi wondershare filmora versi yang harus diinstal, serta minta untuk dikirimkan link cara menginstal. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan jelas oleh narasumber sampai para peserta paham, dan akan ada sesi selanjutnya yang membahas tentang filmora ini agar para rekan guru dapat memaksimalkan aplikasi ini serta diharapkan pada pertemuan selanjutnya para peserta sudah berhasil menginstal aplikasi filmora. Acara ditutup pukul 10.30 WIB dengan membaca hamdallah bersama.