FKKG Kecamatan Tirtomoyo Gelar Pemanfaatan Aplikasi Sway Saat PJJ

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru di kecamatan Tirtomoyo, FKKG Kecamatan Tirtomoyo melaksanakan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Kecamatan Tirtomoyo kali ini bertemakan Perangkat Pembelajaran Jarak Jauh. Pada kesempatan hari Senin tanggal 8 Maret 2021 materi yang disampaikan adalah pemanfaatan aplikasi sway pada Microsoft Office 365  

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama pengurus KKG, K3S, dan Tim Kreatif Kecamatan Tirtomoyo ini dilakukakan secara virtual melalui aplikasi Microsoft Teams dan live streaming youtube. Kegiatan direncanakan akan dimulai pukul 09.00 wib akan tetapi sebelumnya sudah terlihat peserta dari berbagai gugus KKG Kecamatan Tirtomoyo. Alvi Tri Widyaningsih, dari SDN 2 Sukoharjo selaku host menyapa rekan guru sekaligus mengecek kehadiran dari masing-masing gugus yaitu ada Gugus Slamet Riyadi, Gugus Ahmad Yani, Gugus Brawijaya, dan Gugus Sudirman.  

Kegiatan webinar ini menyampaikan materi tentang pemanfaatan aplikasi Sway pada Microsoft Office 365 karena di era pembelajaran jarak jauh ini diperlukan strategi belajar yang menarik agar peserta didik tidak bosan. Kegiatan yang dimoderatori oleh Alvi Tri Widyaningsih, dimulai pukul 09.15 WIB dan diawali pembukaan dengan membaca basmallah bersama. Selanjutnya para peserta berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza.  

Acara dilanjutkan dengan pengantar ketua K3S Korwil Tirtomoyo, Purwono. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan, “Semoga kegiatan ini menjadi referensi bagi kita dan menjadi bekal Bapak Ibu dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh.” Beliau juga berharap momen penting ini dapat dijadikan untuk mempersiapkan diri dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh agar dapat terlaksana  dengan maksimal. Jadi, kegiatan KKG seharusnya dilaksanakan dan dimaknai dengan sepenuh hati agar dapat bermanfaat untuk peserta didik, serta jadikanlah kegiatan KKG sebagai kewajiban dan kebutuhan bagi Bapak Ibu guru”, tandasnya. 

Masuk acara inti yaitu penyampaian materi oleh  Maryanto. Dimulai dengan pengertian  aplikasi Sway secara umum serta kelebihan dan kekurangannya. Sway itu sendiri adalah perancang presentasi interaktif yang disertakan sebagai bagian dari office 365. Jadi untuk memanfaatkan fitur dari Sway, maka harus memiliki akun office 365. Maryanto atau akrab dipanggil Mas Arya pun membimbing peserta untuk akvitasi akun office 365 karena ada beberapa rekan guru yang belum mengaktivasi akun tersebut. Selanjutnya Maryanto menyampaikan cara membuat tampilan Sway mulai dari materi sederhana terlebih dahulu, misalnya judul bab, deskripsi bab, identitas diri, dan lain-lain. Beliau juga menyampaikan cara menyisipkan gambar ke dalam Sway karena sesuai dengan tujuan menggunakannya untuk pembelajaran maka dengan adanya gambar-gambar akan membuat peserta didik tertarik untuk melihat tampilan Sway tersebut.  

Pada sesi tanya jawab, Alvi Tri Widyaningsih, mencatat ada 4 pertanyaan yaitu diantaranya pertanyaan tentang aktivasi akun, mengulang membuat tampilan Sway, membuat grup pada gambar, dan apa solusi jika terkendala internet. Semua pertanyaan tersebut dijawab dengan jelas oleh narasumber sampai para peserta paham.  

Acara ditutup tepat pukul 11.59 WIB dengan membaca hamdallah bersama dan menyimpulkan bahwa akan ada sesi selanjutnya yang membahas tentang Sway ini agar para rekan guru dapat memaksimalkan fitur ini serta diharapkan pada pertemuan selanjutnya para peserta sudah berlatih membuat tampilan Sway.