FKKG Kecamatan Tirtomoyo Gelar KKG Virtual Pembuatan Video Pembelajaran Sesi Ketiga

Masa pandemi Covid-19 yang sudah kurang lebih satu tahun melanda negeri ini mampu mengajarkan banyak hal kepada kita. Dengan adanya kebijakan PSBB, PPKM, PJJ, dan kebijakan-kebijakan yang lain sangat mempengaruhi pola pikir kita. Sebagai guru yang biasanya menyampaikan materi di kelas, mengevaluasi pembelajaran secara langsung, berinteraksi memberikan motivasi kepada anak, serta kegiatan tatap muka lainnya, mau tidak mau pada situasi saat ini guru harus mengubah pola kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan secara daring dibutuhkan aplikasi pembelajaran yang menarik, kreatif, serta tidak membosankan bagi peserta didik. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah aplikasi Wondershare Filmora.

Wondershare Filmora merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video pembelajaran. Selain bisa dilaksanakan melalui daring, aplikasi ini juga bisa dibuat semenarik mungkin agar peserta didik tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Mempertimbangkan pentingnya hal tersebut, FKKG Kecamatan Tirtomoyo mengadakan KKG virtual dengan tema “Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Wondershare Filmora Sesi 3”.

Acara KKG virtual berlangsung pada hari Selasa, 6 April 2021 dan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Dibawah komando host Nur Sholihah AF, acara dibuka dengan bacaan basmallah. Agenda selanjutnya yaitu pengantar Pengawas Korwil Kecamatan Bidik Tirtomoyo, Sutarman, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang sudah tergabung dalam room Microsoft Teams dan juga Youtube. Beliau berpesan bahwa kegiatan KKG adalah kesempatan untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kompetensi guru sehingga manfaatkan kegiatan ini untuk bertukar info (sharing). Beliau juga berpesan kepada bapak ibu guru di Kecamatan Tirtomoyo untuk mencermati jalannya pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi Wondershare Filmora ini dan dapat  merespon dengan baik agar Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di sekolah dapat berjalan maksimal.

Multiana Sandi, sebagai narasumber pada kegiatan hari ini mengawali materi dengan mengingatkan rekan guru dalam penginstalan aplikasi Wondershare Filmora. Materi pertama yang disampaikan adalah hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam membuat video pembelajaran, yaitu diantaranya : menyiapkan materi yang akan disampaikan dalam video, misalnya dalam bentuk PPT, melakukan rekaman, menyusun skenario video pembelajaran, membuat video pembelajaran sesuai dengan scenario pembelajaran yang sudah disusun, melakukan editing, dan mengupload video pembelajaran.

Materi kedua adalah cara menyimpan file PPT ke MPEG-4 atau video. Langkah yang pertama membuka file PPT yang akan kita simpan dalam bentuk MPEG-4 atau video, langkah kedua klik file, save as pilih lokasi tempat kita menyimpan, pilih file yang akan kita simpan yaitu MPEG-4/video, lalu save. Tunggu hingga proses penyimpanan selesai nanti otomatis akan tersimpan file MPEG-4.

Materi terakhir adalah cara mengedit video pembelajaran menggunakan aplikasi Wondershare Filmora. Multiana Sandi, menyampaikan cara mengimpor video ke dalam aplikasi hingga cara mengekspornya.

Pada sesi diskusi, Deni Condro Pujiyantoro menambahkan cara menghilangkan  watermark pada aplikasi Wondershare Filmora. Namun jika tidak dihilangkan maka tidak apa-apa karena tidak akan mengurangi kualitas video yang ditampilkan. Setelah tidak ada pertanyaan lagi, acara ditutup oleh host pada pukul 11.30 WIB.