FKKG Kecamatan Nguntoronadi Tuntaskan Materi Penerapan Office 365

FKKG Kecamatan Nguntoronadi Tuntaskan Materi Penerapan Office 365

 

FKKG Kecamatan Nguntoronadi yang terdiri dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) dibantu Tim Kreatif Kecamatan Nguntoronadi mengakhiri materi Penerapan Office 365 untuk Pembelajaran. Setelah beberapa kali melaksanakan KKG dengan materi Penerapan Office 365 untuk Pembelajaran, pertemuan kali ini menjadi pertemuan terakhir untuk materi ini. Kegiatan dilakukan secara daring / virtual, melalui Google Meet diikuti anggota KKG dan KKKS Kecamatan Nguntoronadi, pengawas korwil bidik Kecamatan Nguntoronadi, dan tim kreatif Rabu (22/09/2021).

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB sebagai host Sri Wahyuni guru SDN Wonoharjo dan moderator Agustina Paramita guru SDN Bendosari. Selaku host, menyapa para peserta di room meeting sekaligus memeriksa kehadiran tiap peserta atau perwakilan tiap SD dan dilanjutkan Agustina Paramita selaku moderator membacakan susunan acara kegiatan virtual ini serta memandu jalannya kegiatan.

Kegiatan dibuka oleh Kardi selaku Ketua KKKS Korwil Bidik Kecamatan Nguntoronadi, beliau berharap tetap semangat dalam melaksanakan KKG walaupun disela-sela banyak kegiatan seperti koreksi PTS dan persiapan akreditasi bagi beberapa sekolah yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Di akhir sambutan, beliau berpesan agar di masa pandemi ini, kita sebagai guru wajib menerapkan 5M agar menjadi contoh yang baik di masyarakat dan juga di sekitar sekolah.

Materi ini merupakan lanjutan dan penutup dari rentetan materi mengenai “Penerapan Office 365 Untuk Pembelajaran” pada pertemuan sebelumnya. Arif Utsman guru SDN 1 Parangharjo selaku pemateri, membuka materi dengan manfaat serta kelebihan menggunakan Office 365. Kemudian dilanjutkan pengenalan Office Sway kepada peserta KKG. Penggunaan aplikasi Office Sway dapat memudahkan guru untuk memberikan materi langsung kepada peserta didik. Sehingga dapat menghemat kertas dan juga efesien dalam memberikan materi kepada peserta didik. Hal-hal ini menguntungkan guru dalam menunjang kegiatan belajar mengajar terutama dalam penyampaian materi. Salah satu keunggulan Office Sway yaitu dapat memonitor peserta didik dalam membaca. Dalam Office Sway sebagai guru kita dapat mengecek peserta didik hanya membuka link saja, hanya membaca materi sebagian atau sampai selesai. Bahkan kita dapat mengetahui berapa yang mengakses/membuka materi tadi dan juga rata-rata membaca materi sampai berapa persen.

Semua peserta KKG mengikuti penjelasan materi dengan baik dan antusias. Semangat belajar peserta KKG ditandai dengan banyaknya peserta yang ingin mencoba langsung cara penggunaan Office Sway. Dengan adanya penyampaian materi Office Sway seperti ini, guru menjadi paham akan adanya aplikasi yang dapat membantu meringankan dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi.