FKKG Kecamatan Nguntoronadi Pelajari Modifikasi Pembelajaran

FKKG Kecamatan Nguntoronadi menyelenggarakan kegiatan virtual dengan materi Modifikasi Pembelajaran pada Sabtu, 9 Oktober 2021 dengan menggunakan Google Meet. Kegiatan ini merupakan kerja sama FKKG Nguntoronadi dengan KKKS Kecamatan Nguntoronadi dan didukung oleh Tim Kreatif Kecamatan Nguntoronadi serta diikuti oleh semua guru se-Kecamatan Nguntoronadi.

 

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dengan host Heni Dwi Susanti, guru SDN Ngadiroyo dengan moderator Lia Permatasari guru SDN 1 Kedungrejo. Heni menyapa para peserta di room meeting sekaligus memeriksa kehadiran tiap peserta atau perwakilan tiap SD dan dilanjutkan moderator yang membacakan susunan acara kegiatan virtual ini serta memandu jalannya kegiatan ini.

Pertemuan ini merupakan materi lanjutan dan materi penutup dari rangkaian materi “Modifikasi Pembelajaran” yang telah diselenggarakan. Kegiatan yang sangat menarik ini menghadirkan Kusumaratri, guru SDN 2 Kedungrejo sebagai pemateri. Kusumaratri menjelaskan materi modifikasi pembelajaran dengan memanfaatkan penggunaan PowerPoint. Aplikasi ini merupakan salah satu bentuk aplikasi yang memudahkan kita dalam mempresentasikan materi kepada peserta didik, karena memiliki banyak fitur yang dapat dikembangkan dan dimodifikasi oleh setiap pengguna. Bapak/Ibu guru dapat memkasimalkan fitur-fitur yang ada untuk menjelaskan materi seperti IPA, Bahasa, IPS maupun materi lain yang bisa disisipkan dengan video maupun animasi yang dapat membuat peserta didik lebih tertarik.

Pemateri juga memberikan saran seperti menggunakan gambar berekstensi PNG agar ketika gambar tersebut masuk ke dalam PPT tidak mengganggu background PPT yang sudah dibuat. Ada berbagai macam fitur yang dapat dimanfaatkan guru untuk membuat PPT interaktif, salah satunya yaitu guru dapat menyisipkan animasi sepertif gambar berbentuk GIF atau teks berjalan maupun teks yang diblok/diberi warna untuk memperjelas materi seperti mencari ide pokok/kalimat utama dalam suatu bacaan yang panjang. Pemateri juga menyampaikan bahwa ketika nanti akan menampilkan data-data excel, data word atau mencari jalan pintas/langsung berpindah ke slide yang diinginkan maka bisa menggunakan hiperlink agar file yang akan ditampilkan langsung terhubung. Dari berbagai fitur PPT, kita bisa membuat suatu aplikasi satu kesatuan yang dapat memuat materi, quiz, pembahasan agar dapat menarik peserta didik untuk lebih giat belajar.

Pada akhir pertemuan, semua peserta KKG mengikuti penjelasan materi dengan baik dan antusias. Dengan adanya penyampaian materi “Modifikasi Pembelajaran”, guru akan memiliki berbagai pilihan aplikasi dalam memodifikasi pembelajaran dan menjadikan peserta didik lebih aktif serta senang dalam pembelajaran. Dengan penyampaian materi ini dapat membantu guru meringankan dalam kegiatan pembelajaran di masa pandemi.