FKKG Kecamatan Nguntoronadi Menutup Musim KKG 2021

FKKG Kecamatan Nguntoronadi yang terdiri dari KKKS dan KKG serta dibantu Tim Kreatif menutup kegiatan KKG 2021. Kegiatan dilakukan secara virtual, melalui Google Meet yang diikuti anggota KKG dan KKKS, pengawas korwil bidik Kecamatan Nguntoronadi, dan tim kreatif, Kamis (04/11/2021).

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB setelah kegiatan PTM Terbatas selesai dan yang bertugas sebagai host Umar Seno guru SDN 3 Parangharjo menyapa para peserta di room meeting sekaligus memeriksa kehadiran peserta atau perwakilan tiap SD dan dilanjutkan Dewi Susilowati selaku moderator membacakan susunan acara serta memandu jalannya kegiatan.

Kegiatan diawali dengan melanjutkan materi KKG pertemuan sebelumnya yaitu materi mengenai ”Modifikasi Pembelajaran” yang disampaikan oleh Gde Dharma Putrawan guru SDN 3 Ngadipiro. Beliau memaparkan perkembangan pendidikan dari tahun ke tahun di Indonesia. Dari pendidikan pada jaman kolonial hingga gambaran pendidikan di era milenial. Saat ini hampir peserta didik merupakan generasi Z yaitu generasi yang lahir di era perkembangan teknologi yang sudah berkembang.

Gde Dharma Putrawan menyampaikan berbagai link, berbagai sumber pembelajaran yang variatif yang dapat diakses oleh siapa saja, begitu juga bagi peserta didik. Seperti link membatik kemendikbud, m-edukasi, film edukasi kemendikbud, dan lain-lain. Menurut Gde Dharma Putrawan sebagai guru di era milenial sangat dituntut kreatifitas dalam hal pembelajaran seperti mencari sumber sumber lain untuk bahan pembelajaran. Sehingga pembelajaran di era saat ini dapat menarik peserta didik.

Kegiatan dilanjutkan sambutan Ketua KKKS Korwil Kecamatan Nguntoronadi, Kardi Kepala SDN 2 Kedungrejo. Beliau mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah melaksanakan kegiatan KKG hingga paket terakhir yang dilakukan secara full daring dari awal hingga akhir paket. Selain itu, beliau berharap semoga KKG di tahun ini dapat memberikan dampak positif bahkan manfaat untuk perkembangan pendidikan di wilayah Nguntoronadi. Materi yang telah narasumber sampaikan untuk dapat diimplementasikan guru di pangkalannya masing-masing.

Di akhir kegiatan Nurhadi selaku Korwilcam Bidik Kecamatan Nguntoronadi berkenan secara resmi menutup kegiatan KKG 2021. Beliau mengucapkan terimakasih kepada FKKG Kecamatan Nguntoronadi yang terdiri KKKS dan KKG yang telah menyelenggarakan kegiatan KKG secara bersama-sama. Beliau berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti sebatas di KKG saja, tapi juga dapat berkembang dengan kegiatan lainnya seperti diklat/pelatihan. Sehingga diharapkan guru dapat mengembangkan kompetensinya lebih luas.

Kegiatan diakhiri pukul 11.30 secara resmi FKKG Kecamatan Nguntoronadi telah menyelesaikan paket-paket materi KKG 2021 dan besar harapan untuk dapat menyelesaikan laporan E-KKG untuk terbitnya sertifikat KKG. Dengan adanya kegiatan KKG di tahun ini dengan berbagai materi semoga dapat menumbuhkan semangat merdeka belajar di era milenial. Selain itu juga menumbuhkan semangat untuk Go Nyawiji Sesarengan mBangun Wonogiri khususnya dunia pendidikan di Wonogiri.