FKKG Kecamatan Nguntoronadi Kupas Pemanfaatan Akun Belajar.id dalam PJJ

FKKG Kecamatan Nguntoronadi yang terdiri dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Nguntoronadi serta dibantu Tim Kreatif Kecamatan Nguntoronadi telah melaksanakan kegiatan bersama secara virtual dengan tema “Pemanfaatan Akun BELAJAR.ID dalam PJJ”. Kegiatan ini dilakukan secara daring / virtual, melalui Google Meet yang diikuti oleh anggota KKG dan KKKS Kecamatan Nguntoronadi, pengawas korwil bidik Kecamatan Nguntoronadi, dan tim kreatif pada Selasa (31/08/2021).

Kegiatan dimulai pukul 08.30 WIB dan yang bertugas sebagai host dalam kegiatan ini Nyoman Tri Humardani,S.Pd. guru SD Negeri 1 Kulurejo dengan moderator Agustina Wahyuningsih, guru SD Negeri Bakalan. Selaku host, Nyoman Tri Humardani, menyapa para peserta di room meeting dengan semangat, sekaligus memeriksa kehadiran tiap peserta atau perwakilan tiap SD dan dilanjutkan Agustina Wahyuningsih, selaku moderator membacakan susunan acara kegiatan virtual ini serta memandu jalannya kegiatan ini.

Kegiatan ini dibuka oleh Nurhadi, Pengawas Korwil Bidik Kecamatan Nguntoronadi. Beliau memberikan sambutan pembukaan dalam kegiatan FKKG Kecamatan Nguntoronadi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan walaupun di masa pandemi kita harus tetap produktif. Sebagai pendidik kita juga harus ikut dalam memajukan Bangsa Indonesia dengan memberikan inovasi pembelaran agar kegiatan belajar mengajar kepada peserta didik tetap terlaksana dengan baik walaupun di masa pandemi seperti sekarang. Di era teknologi ini, kita juga harus memaksimalkan pelaksanaan Blended Learning agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan pemanfaatan akun belajar.id dari Google, saya berharap jarak antara guru dan peserta didik yang sebelumnya menjadi masalah ketika pembelajaran akan berkurang. Tetapi beliau juga menyampaikan  bahwa pemberian tugas kepada peserta didik agar tidak boleh lebih dari 40% sesuai dengan aturan yang ada.

Dewi Susilowati, guru SDN 1 Kedungrejo selaku pemateri, menyampaikan bahwa dalam masa pandemi ini kita sebagai pendidik harus berinovasi untuk dapat melaksanakan pembelajaran. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan fasilitas kepada pendidik dan peserta didik berupa akun belajar.id dari Google. Ketika kita memakai akun belajar.id terdapat banyak sekali fasilitas yang didapatkan dibandingkan dengan menggunakan akun biasa dari Google. Salah satu aplikasi yang ada di akun belajar.id yang dapat dimanfaatkan dengan baik yaitu Google Classroom. Google Classroom dapat dipakai dengan menggunakan laptop/komputer dengan membuka website Google dan memilih Google Classroom atau bisa menggunakan Smartphone dengan mengunduh Google Classroom di Play Store. Penggunaan Google Classroom dapat dimanfaatkan untuk memberikan tugas kepada peserta didik dan dapat melaksanakan pertemuan secara daring setiap saat tanpa harus membuat link terus menerus.

Di akhir sesi peserta dan mentor melakukan tanya jawab antara pemateri dan peserta KKG terkait dengan pemanfaatan Google Classroom. Banyak sekali manfaat yang bisa dapatkan dengan mmenggunakan akun belajar.id yang telah disediakan oleh pemerintah. Sebagai guru kita juga harus terus berinovasi untuk memajukan pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Wonogiri. Terdapat banyak sekali aplikasi yang dapat dimanfaatkan selain Google Classroom itu sendiri seperti Google Meet, Google Mail maupun aplikasi yang lain. Diharapkan dengan adanya penjelasan mengenai penggunaan Google Classroom di pertemuan FKKG pada kesempatan ini,  semua pendidik dan peserta didik di Kecamatan Nguntoronadi dapat melaksanakan pembelajaran daring dengan baik untuk memajukan pendidikan di Kecamatan Nguntoronadi.