FKKG Kecamatan Batuwarno Sukseskan Percepatan PMM

FKKG Kecamatan Batuwarno, menyelenggarakan kegiatan secara luring di Aula Kantor Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno pada Selasa (13/9/2022). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan agar para guru menyelesaikan Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kabupaten Wonogiri menempati peringkat ke-35 atau terbawah dalam aktivitas mengerjakan Pelatihan Mandiri di PMM. Namun pada aktivasi dan kepemilikan akun belajar.id, Kabupaten Wonogiri sudah mencapai 96,3 %. Target dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada September ini Pelatihan Mandiri di PMM semua topik tuntas pada kegiatan post test.

Kegiatan percepatan PMM diawali dengan sambutan oleh Hery Hartanto, pengawas sekaligus Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno. Beliau mengimbau agar semua guru dan kepala sekolah yang memiliki akun belajar.id dapat menyelesaikan Pelatihan Mandiri di PMM sesuai target. Para guru dapat saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam percepatan PMM. Memasuki acara inti yaitu penyampaian materi dan praktik langsung pada aplikasi PMM oleh narasumber Arina Ika Setyasari, guru SD Negeri 3 Batuwarno. Peserta harus dapat menyelesaikan 12 topik dalam waktu 2 minggu, maka dari itu narasumber menyampaikan perlunya kekompakan dan kebersamaan dalam menyukseskan percepatan PMM. Para guru di Kecamatan Batuwarno ternyata masih banyak yang belum menyelesaikan Pelatihan Mandiri minimal sampai pada post test. Berbagai kendala dihadapi para guru antara lain jaringan internet, gawai yang kurang mendukung, dan pemahaman tentang PMM yang masih kurang.

Narasumber memandu mulai dari topik Merdeka Mengajar pada modul 1 dengan jelas. Peserta sangat antusias dan mengikuti dengan baik sesi demi sesi yang disampaikan. Pada modul 1 peserta masih sedikit kebingungan, namun memasuki modul 2 dan 3 peserta sudah mahir mengerjakan dan lancar. Kegiatan ini berjalan sukses terbukti dalam waktu 1 jam peserta dapat menyelesaikan 3 modul. Semangat dari para guru ini mendapatkan apresiasi dari Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Batuwarno, Hery Hartanto yang memantau samapai akhir kegiatan. Percepatan PMM di Kecamatan Batuwarno akan dilanjutkan kembali pada Kamis, 15 September 2022.