FKKG Karangtengah Gelar Vicon Penyusunan Perangkat PJJ

Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Kecamatan Karangtengah Kabupaten Wonogiri melaksanakan pertemuan yang kedua secara virtual menggunakan aplikasi Microsoft Teams (Sabtu, 20/2/2021). Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.20 WIB. Acara dipandu oleh Tri Joko Wiyono sebagai host dan Suryanti sebagai moderator. Dalam virtual kali ini materi yang disampaikan adalah “Perangkat PJJ ” dengan narasumber Anton Bayudi. Materi ini penting, karena pada saat ini kita hanya bisa melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka. Selain itu, walaupun dengan segala keterbatasan dan kendala yang ada di Karangtengah selama PJJ, guru harus tetap semangat untuk memberikan pelayanan pembelajaran terbaik bagi siswanya. Dalam virtual FKKG kali ini diawali dengan bacaan “Basmallah” bersama dan dilanjutkan dengan menyanyikan  lagu “Indonesia Raya”. Peserta kegiatan dalam vicon adalah seluruh Guru Kelas dan Guru Pendidikan Agama Islam se-Kecamatan Karangtengah, sejumlah 69 peserta tercatat dapat bergabung secara daring melalui aplikas Microsoft Teams, sedangkan di beberapa titik mengikuti vicon secara bersama dikarenakan kendala sinyal.

Acara selanjutnya adalah kegiatan inti, materi disampaikan oleh narasumber Anton Bayudi. Dalam pemaparannya, Anton menyampaikan 3 langkah persiapan guru dalam masa pandemi yang meliputi, (1) menyiapkan rancangan pembelajaran ( Memastikan kompetensi yang akan dicapai), (2) menentukan metode dan interaksi pembelajaran (daring,luring atau kombinasi keduanya), (3) menentukan media  dalam pembelajaran seperti gambar,  teks, audio/video, simulasi, dan alat peraga lainnya.

Pada pertemuan ini, narasumber menekankan materi perangkat pembelajaran pada pembuatan RPP Pembelajaran Jarak Jauh. Narasumber menyampaikan ada perbedaan dan perubahan yang signifikan dalam pembuatan RPP sekarang ini antara Permendikbud No. 22 Tahun 2016 dan SE Mendikbud No. 14 tahun 2019. Perubahan itu adalah tentang penyederhanaan RPP yang hanya terdiri dari tiga komponen saja, meliputi tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian. Adapun Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh meliputi, identitas RPP (nama sekolah, kelas/semester, tema, sub tema, pembelajaran, muatan pelajaran dan alokasi waktu), tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian (penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan). Selain menjelaskan tentang RPP PJJ, Anton Bayudi juga menayangkan contoh RPP PJJ yang diharapkan bisa digunakan sebagai referensi bagi peserta. Anton menambahkan, RPP dibuat sesederhana mungkin saja, yang penting mencapai tujuan yang diharapkan. Pemaparan materi ini diharapkan mampu membawa pengetahuan baru, semangat baru sehingga nantinya pembelajaran menjadi lebih baik dan pada sebelumnya dan meningkatkan kualitas pelayanan pembelajaran siswa disekolah masing-masing.

Setelah paparan dari narasumber selesai, Suryanti yang bertugas sebagai moderator memandu sesi tanya jawab mengenai perangkat PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Terdapat beberapa guru mengemukakan saran, usul, gagasan dan pendapatnya  serta sharing tentang pelaksanaan PJJ di era pandemi ini. Pada sesi penutup, moderator menyampaikan kesimpulan dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan dan mengingatkan kepada para peserta untuk mengisi form daftar hadir melalui link yang sudah dibagikan.