FKKG Karangtengah Gelar Sosialisasi e-Rapor

Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Kecamatan Karangtengah menggelar vicon perdana, Sabtu, 6 Februari 2021 pukul 09.00-11.00 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan melalui aplikasi Microsoft Teams yang dipandu oleh Anton Bayudi (host) dan Siti Marasnah (moderator). Materi vicon perdana ini adalah “Implementasi e-Rapor SD” dengan narasumber Ari Widyaningsih. Acara ini digelar secara daring karena pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Vicon FKKG Kecamatan Karangtengah dibuka oleh Yatno selaku Ketua Forum Kelompok Kerja Guru Kecamatan Karangtengah. Yatno menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan FKKG ini sesuai dengan proposal yang telah dibuat yaitu dilaksanakan sebanyak lima paket dengan 16 kali pertemuan. Salah satu paket kegiatan yang direncanakan adalah implementasi e-Rapor yang akhir-akhir ini sedang digalakkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Hal ini sagat bealasan karena dengan penerapan e-Rapor maka semua data kesiswaan terkait dengan hasil belajar dapat dilihat secara online.

Acara selanjutnya adalah pembukaan pelaksanaan kegiatan FKKG oleh Suwarmo, Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Karangtengah. Dalam paparannya, Suwarmo menyampaikan bahwa e-Rapor merupakan salah satu perangkat penilaian dan pelaporan baru dikalangan satuan pendidikan Sekolah Dasar khususnya di Kecamatan Karangtengah. Materi pada kegiatan virtual FKKG kali ini merupakan langkah yang tepat untuk menindaklanjuti kegiatan virtual yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri pada minggu lalu mengenai pengaplikasian e-Rapor pada janjang sekolah dasar.

Peserta kegiatan virtual ini adalah seluruh Guru Kelas, Guru Penjasorkes, Pendidikan Agama Islam, dan operator sekolah se-Kecamatan Karangtengah. Sejumlah 70 peserta tercatat dapat gabung secara daring melalui aplikasi Microsoft Teams, sedangkan pada beberapa titik diketahui melakukan virtual secara bersama-sama. Alasan pengikutsertaan operator sekolah oleh narasumber Ari Widyaningsih adalah bahwa Aplikasi e-Rapor SD memerlukan data dapodik sebagai sumber input data bagi peserta didik dan data pokok sekolah lainnya yang tersimpan pada data base dapodik sekolah. Selain itu e-Rapor juga memerlukan operator untuk mengawal input nilai yang dilakukan oleh guru. Dengan bergabungnya para operator diharapkan memperlancar proses input data guna pengerjaan aplikasi e-Rapor tersebut.