FKKG JATIPURNO BAHAS E-LEARNING

Pandemi Covid-19 saat ini sangat berdampak pada dunia pendidikan, termasuk pendidikan di sekolah dasar. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belaja rmengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka dan sekarang sekolah harus menerapkan metode pembelajaran siswa secara daring yang sudah berlangsung beberapa bulan ini.

Menindaklanjuti hal tersebut, dalam rangka menaati protokol kesehatan dengan physical distancing yang tidak memperbolehkan untuk berkumpul dan bertatap muka secara langsung, FKKG Kecamatan Jatipurno mengadakan kegiatan KKG Virtual melalui Video Conference menggunakan aplikasi Microsoft Teams Office 365 (Sabtu, 29 Agustus 2020).

KKG Virtual bertemakan “E-LEARNING, SOLUSI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI“ disampaikan oleh narasumber Restu Febrianto, S.Pd., salah satu guru kreatif dari kecamatan Jatipurno yang ahli di bidang IT. Kegiatan dipandu oleh Sri Purwantiningsih, S.Pd sebagai moderator dan Iwan Adiyanto, S.Pd sebagai Host. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru kelas dan guru mapel se-kecamatan Jatipurno.

Adapun tujuan kegiatan KKG ini adalah  dengan  adanya kegiatan ini dapat menjadi salah satu solusi pembelajaran untuk guru dalam memberikan pembelajaran secara daring berupa aplikasi E-Learning. Dengan E-Learning guru dapat berbagi materi pelajaran, melakukan tanya jawab secara interaktif hingga langsung memberikan nilai pada tugas yang dikirim oleh peserta didik.

KKG Virtual ini dibuka oleh Koordinator Wilayah Kecamatan Bidang Pendidikan Jatipurno, Sutarwo, S.Pd.,M.Pd dilanjutkan dengan penyampaian materi. Dalam sesi penyampaian materi, Restu Febrianto, S.Pd menjelaskan tentang tata cara penggunaan aplikasi E-Learning dari mulai masuk akun sampai pengisian soal dan materi ke aplikasi.

Materi dijelaskan dengan rinci dan jelas oleh pemateri. Kegiatan diskusi dan  tanya jawab juga dibuka untuk para peserta yang mengalami kesulitan bisa langsung bertanya dan dijelaskan oleh narasumber. Dalam kegiatan ini banyak guru yang berpartisipasi dalam diskusi dan tanya jawab menunjukkan peserta sangat antusias dengan materi yang berikan.

Harapannya dengan adanya bimbingan dan pelatihan melalui KKG Virtual ini dapat meningkatkan ketrampilan dalam bidang Informasi Computer dan Teknology (ICT). Sehingga guru dapat meningkatkan dan mengefektifkan waktu dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ).