FKKG Gugus Slamet Riyadi Optimalkan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar

Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG) Gugus Slamet Riyadi melaksanakan pertemuan yang bertempat di SD Negeri 1 Dlepih Tirtomoyo pada Sabtu, 28 Januari 2023. Pertemuan tersebut mengusung tema Optimalisasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sesi Kedua. Sesi pertama dari pertemuan ini telah dilaksanakan pada Selasa, 25 Januari 2023 yang bertempat di Aula Krida Wiyata Tirtomoyo yang dihadiri oleh narasumber Kasi PTK. 

Pertemuan KKG siang ini dimoderatori oleh Eko Ariyanto, guru SD Negeri 4 Sukoharjo. Tepat pukul 10.00 WIB acara dimulai, diawali pembukaan oleh moderator dengan membaca basmallah bersama-sama. Acara dilanjutkan sambutan Ketua K3S Sektor Tenggara yang diwakili oleh Suratno, Kepala SD Negeri 3 Hargosari. Beliau menekankan untuk selalu berpartisipasi dalam kegiatan KKG agar bisa mengikuti perkembangan pembelajaran di era kurikulum saat ini.  

Sambutan kedua oleh Ketua KKG Gugus Slamet Riyadi Tirtomoyo, Muh. Amin. Beliau mengucapkan terima kasih kepada peserta atas partisipasinya dalam penggunaan PMM. Selain aktif dalam membuka materi, menonton video, dan mengerjakan posttest diharapkan para guru juga mengunggah Aksi nyata untuk memenuhi tugas di PMM. Dengan begitu kompetensi guru akan mengalami peningkatan dari sebelumnya.  

Acara dilanjutkan serah terima kepengurusan FKKG Slamet Riyadi lama ke pengurus baru masa tugas 2022-2027 dengan Ketua FKKG terpilih Eko Aryanto. Beliau menghaturkan mohon maaf atas kepemimpinan bersama anggota apabila ada kesalahan ucapan dan tingkah laku, mewakili pengurus mohon maaf yang sebesar-besarnya. Beliau berharap semoga FKKG Slamet Riyadi berjalan lancar dan tetap solid dalam kegiatan KKG. 

Sambutan yang ketiga oleh Ketua FKKG terpilih, Eko Aryanto. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan Anggota pengurus KKG yang lama atas perannya dalam membersamai dan memfasilitasi kegiatan KKG yang berdampak positif bagi kelangsungan pendidikan dan kesejahteraan guru untuk kenaikan pangkat.  

Acara selanjutnya dipandu oleh Deni Condro Pujantoro, guru SD Negeri 3 Hargosari dan Eko Aryanto, guru SD Negeri 4 Sukoharjo. Beliau mengingatkan kembali kepada kita bahwa Kemendikbudristek telah memfasilitasi guru dengan menyediakan PMM yang luar biasa manfaatnya. Dengan adanya platform tersebut diharapkan kita sebagai guru dapat belajar dengan mandiri karena materi pada platform tersebut dapat diakses dimana pun dan kapan pun. Beliau juga menekankan agar untuk lebih berhati-hati dalam membuat aksi nyata agar jangan sampai ada plagiat dari bahan materi yang didapatkan dan kerjakan. 

Materi pada pertemuan siang ini dibahas tentang langkah-langkah membuat aksi nyata dan cara mengunggahnya. Kegiatan rutin FKKG Gugus Slamet Riyadi berjalan lancar dan dihadiri oleh guru kelas 1-6 dari masing-masing SD di Sektor Tengggara. 

Begitu luar biasa semangat rekan guru di Gugus Slamet Riyadi telah berkenan berbagi ilmu dan pengalaman yang dimilikinya. Moderator memberikan kesimpulan untuk jangan pernah lelah belajar dan memperbarui ilmu pengetahuan kita, serta amalkanlah ilmu tersebut agar bermanfaat bagi sesama. Akhirnya Eko Aryanto menutup acara dengan bacaan hamdallah bersama pada pukul 12.15 WIB.