FKKG Giriwoyo Gelar Pembukaan dan Diseminasi E-Rapor 

Pembukaan KKKS dan KKG 2021 Kecamatan Giriwoyo sekaligus diseminasi E-Rapor diikuti oleh anggota K3S Budi Utomo, KKG Diponegoro, KKG Gajah Mada, KKG Palapa, KKG Untung Suropati, KKG PAI dan KKG PJOK (Selasa, 16/2/2021). Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui Microsoft Teams dengan host Erna Nur Hidayati dari SDN 2 Bumiharjo dan moderator Pawit Prastestiono dari SD.

Kegiatan diawali sambutan oleh Harto selaku Korwil Kecamatan Giriwoyo. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi E-Rapor merupakan tindak lanjut Bimtek E-Rapor yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Acara tersebut diikuti oleh perwakilan Korwil Kecamatan Giriwoyo yaitu Suyatno dan Endang Widati. Sasaran E-Rapor adalah OPS dan guru di sekolah. Beliau berharap semua ikut belajar karena berkaitan dengan penilaian pada peserta didik, serta peran kepala sekolah sebagai manajer untuk selalu mengawal dan mendampingi terlaksanakan E-Rapor di masing-masing sekolah. Setelah kegiatan diseminasi ini diharapkan ada tindak lanjut melalui kegiatan KKG serta pendampingan oleh Tim Pengembang Konten Kecamatan Giriwoyo.

Narasumber pertama yaitu Suyatno dari SDN 1 Sirnoboyo, beliau menyampaikan hal-hal yang harus dipersiapkan dalam pelaksanaan E-Rapor. Karena E-Rapor terintegrasi dengan Dapodik maka diharapkan kepada para OPS untuk memastikan data yang terinput di Dapodik sudah lengkap dan benar, sehingga mempermudah dalam persiapan E-Rapor. Narasumber kedua Endang Widati dari SDN 2 Tukulrejo menyampaikan teknis pengerjaan E-Rapor. Mulai dari login sampai hal-hal yang harus diinput pada E-Rapor. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta sosialisasi dan pengisian daftar hadir melalui link yang telah dibagikan.

Di akhir sesi, Maryono pengawas SD Kecamatan Giriwoyo memberikan penguatan bahwa di era digital saat ini yang semuanya serba elektronik termasuk E-Rapor menjadi hal baru bagi guru di Kecamatan Giriwoyo, guru tidak boleh panik dan menyerah dalam mengerjakan E-Rapor. Hal ini hendaknya disikapi dengan rasa penuh tanggung jawab karena memberikan penilaian peserta didik melalui E-Rapor adalah tugas seorang guru.
Forum KKG Kecamatan Giriwoyo semangat untuk menyukseskan kualitas pendidikan di Wonogiri. Merdeka belajar, pendidikan maju, dan Indonesia hebat.