FKKG GGURU KELAS KEC. BULUKERTO GELAR VICON PEMANFAATAN OFFICE 365 DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI

FKKG Kecamatan Bulukerto kembali mengadakan kegiatan rutin KKG secara daring pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020. Kegiatan vicon tersebut mengangkat tema ‘Office 365: Pemanfaatan dalam Pembelajaran di Masa Pandemi.

Materi pemanfaatan Office 365 disampaikan oleh narasumber Agung Sunar Putro Tanuwijoyo, S.Pd.SD. yang dipandu pembawa acara: Eko Widodo, S.Pd. dari SD Negeri 2 Krandegan dan moderator Fitriyani, S.Pd. dari SD Negeri 2 Nadi.

Kegiatan ini diikuti oleh semua guru kelas yang berasal dari dua gugus di Kecamatan Bulukerto, yaitu KKG Gugus Sudirman dan KKG Gugus Dewantara. Selain itu, juga dihadiri guru mapel Pendidikan Agama dan BP, guru Penjasorkes, petugas operator sekolah / TU bahkan penjaga sekolah pun ikut serta. Partisipan yang terlibat baik dari pendidik maupun tenaga kependidikan mengingat pentingnya pemahaman fitur-fitur Office 365 pemanfaatan onedrive dalam pengadministrasian yang diharapkan dapat mendukung kelancaran dan kewenangan dalam kegiatan pelaporan atau urusan kedinasan. Selain itu, juga dapat digunakan untuk kepentingan pribadi.

Kegiatan vicon diawali dengan menggunakan dari ketua Gugus Sudirman, Parni, S.Pd. yang menyampaikan informasi awal tentang E-KTSP, sistem pelaporan dan pengesahan dokumen KTSP secara elektronik yang akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2020/2021 ini. Dilanjutkan pengawas TK / SD Kecamatan Bulukerto, Indar Hardiyanti, S.Pd., M.Pd. yang merupakan pengawas TK / SD yang belum lama berada di Korwil Kecamatan Biddik Bulukerto, sehingga kegiatan ini sebagai ajang perkenalan. Dalam kesempatan itu, beliau juga menyampaikan pentingnya media di masa pandemi, yang diharapkan menjadi jembatan komunikasi antarguru dan sebagi peningkatan profesionalitas guru. Indar Hardiyanti, S.Pd., M.Pd.


Dalam paparannya, Agung Sunar P.T., S.Pd.SD., menyampaikan materi pengenalan Office 365, fitur-fitur yang ada pada Office 365. Dilanjutkan dengan fungsi-fungsi dari fitur One Drive yang bisa digunakan untuk pembelajaran. OneDrive bisa menjadi salah satu solusi kekurangan memori di perangkat komputer/laptop/HP. Dengan menggunakan OneDrive data yang ada semula disimpan di perangkat komputer/laptop/HP dapat disimpan secara online, sehingga beban data pada memori dapat berkurang dan tidak mudah penuh. Selain itu, pengumpulan tugas dari siswa pun juga sudah menggunakan OneDrive baik tugas yang berupa dokumen, gambar/foto, maupun rekaman video.
Selain membahas One Drive, narasumber juga mendemontrasikan penggunaan google form untuk pembelajaran jarak jauh bagi siswa di masa pandemi ini. Pemanfaatan google form anatar lain : untuk membuat soal penilaian, kuis, absensi siswa, dan lain-lain.

Narasumber menyampaikan materi dengan santai dan jelas, sehingga para peserta antusias mengikuti dari awal acara bahkan sebelum acara dimulai sudah banyak peserta yang ‘join’ di aplikasi Microsoft Teams yang digunakan pada vicon kali ini. Kegiatan vicon berakhir pada pukul 11.50 WIB sesuai dengan susunan acara yang telah direncanakan. Meskipun ditemui kendala beberapa kali sinyal terputus, namun acara bisa terlaksana dengan baik.

Narasumber kalimat baik terhadap berbagai pertanyaan, masukan, dan saran dari para peserta. Larso, S.Pd. selaku ketua KKKS Kecamatan Bulukerto dibentuk untuk membentuk tim webinar tingkat kecamatan yang mengkoordinasikan berbagai acara di tingkat kecamatan.
Semoga melalui kegiatan vicon seperti ini bisa membawa manfaat, khususnya bagi guru di Kecamatan Bulukerto dan bagi seluruh pendidik maupun tenaga kependidikan yang ada di Wonogiri pada umumnya.