FKKG dan KKKS Eromoko Gelar Pelatihan e-Rapor

Pandemi Covid-19 berdampak besar bagi pendidikan di Indonesia, khususnya di Kecamatan Eromoko. Pengawas, kepala sekolah dan guru sebagai garda terdepan pendidikan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan keadaan ini. Protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah harus dipatuhi. Untuk itu pada hari Rabu, 17 Februari 2021 dilaksanakan kegiatan KKG dan KKKS di Kecamatan Eromoko dengan materi “Pelatihan e-Rapor” secara virtual melalui aplikasi Google Meeting. Kegiatan diikuti oleh 95 partisipan yang tercatat dalam daftar hadir, terdiri dari pengawas, kepala sekolah, guru kelas, guru agama, guru pendidikan jasmani dan kesehatan bahkan operator sekolah juga sangat antusias. Peserta dibatasi 100 partisipan untuk menjaga sistem agar tidak down. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan arahan serta pemahaman tentang aplikasi e-Rapor dan penggunaan aplikasi ini. Materi yang disampaikan yaitu pelatihan penggunaan aplikasi e-Rapor oleh Sutarno guru SD Negeri 3 Tempurharjo. Bertindak sebagai host, Wahyudi guru SD Negeri 1 Siyonoharjo dan moderator Liana Prabandari, S.Pd guru SD Negeri 3 Basuhan.

Kegiatan berjalan lancar walaupun belum semua guru di Kecamatan Eromoko dapat berpartisipasi sebagai peserta virtual conference kerena terkendala sinyal dan keterbatasan sistem. Virtual conference melalui aplikasi google meeting merupakan hal baru di Kecamatan Eromoko. Dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19 sosialisasi untuk menjelaskan bagaimana cara menggunakan google meeting tentu mengalami banyak kendala apalagi sosialisasi hanya dapat dilakukan secara online. Namun dengan berbagai keterbatasan, partisipan tetap antusias untuk mengikuti KKG dan KKKS di Kecamatan Eromoko secara virtual melalui aplikasi google meeting. Pengawas, kepala sekolah dan guru saling bergotong-royong untuk kesuksesan kegiatan ini. Kegiatan virtual conference dipantau oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri. Suatu kebanggaan tersendiri untuk pelaku pedidikan di Kecamatan Eromoko, bahwa kegiatan yang dilakukan sangat diperhatikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Kegiaatan virtual ini tidak lepas dari bimbingan dan arahan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri sehingga kegiatan dapat berlangsung dengan lancar. Virtual conference melalui google meeting perdana untuk KKG dan KKKS di Kecamatan Eromoko sukses dilaksanakan. Selama pandemi Covid-19 masih ada dan protokol kesehatan masih diterapkan oleh pemerintah, maka kegiatan untuk memajukan pendidikan di Kecamatan Eromoko akan dilaksanakan secara virtual. Inovasi-inovasi akan terus dilakukan oleh para guru walaupun di tengah keterbatasan.