Festival Panen Hasil Belajar CGP 04 Wonogiri

Sasono Mulyo, 14-15 Oktober 2022 menjadi hari bersejarah bagi Calon Guru Penggerak Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri. Setelah vakum selama hampir tiga bulan karena perubahan kebijakan penyelenggaraan Pendidikan Guru Penggerak, akhirnya Lokakarya kembali digelar.  

Perhelatan lokakarya 7 dengan tema Festival Panen Hasil Belajar PGP Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri dilaksanakan selama dua hari dengan mengambil lokasi di SMP Negeri 4 dan Gedung Sasono Mulyo Kabupaten Wonogiri. Lokakarya 7 merupakan sebuah perhelatan akbar dimana seluruh CGP diberikan wadah untuk memamerkan dan berbagi pengalaman Aksi-aksi Nyata di sekolah masing-masing yang telah dilakukan selama 6 bulan sebelumnya.  

Hari pertama lokakakarya, seluruh CGP dengan dipandu PP masing-masing melaporkan hasil evaluasi program yang telah dijalankan, serta membuat pemetaan program lanjutan. CGP dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dimanapun dan kapanpun mereka berada. Pada hari itu juga seluruh PP dan CGP memiliki sharing moment akan hal-hal yang telah mereka lewati bersama. 

Hari kedua merupakan Festival Panen Hasil belajar yang dihelat secara meriah dengan mengundang berbagai elemen pendidikan dan pejabat pemerintah. Mulai dari Kepala Sekolah masing-masing CGP, Komunitas Praktisi Pendidikan, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Jawa Tengah serta Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri. Acara dibuka dengan suguhan tari Pelajar Pancasila yang disajikan dengan begitu apik oleh perwakilan CGP. 

Beberapa sambutan diberikan oleh tamu undangan yang hadir. Iqbal Khamdani selaku perwakilan dari Balai Besar Guru Penggerak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa program PGP harus dilanjutkan karena menjaring guru-guru berpotensi dan melatih jiwa-jiwa kepemimpinan. Sambutan juga diberikan oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah Jawa Tengah yang diwakili oleh Sunarno yang menyampaikan pesan bahwa panjenengan semua adalah guru yang diproyeksikan untuk menjadi pemimpin masa depan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan agenda Kelas Bebagi yang disampaikan oleh Nurul Istiqomah, Ankai Wahyu Tanjung Handayani, dan Uji Saputro. Ketiganya menyampaikan program-program aksi nyata yang telah dilaksanakan di sekolah masing-masing. Kegiatan Lokakarya ditutup dengan kunjungan ke seluruh stand-stand pameran yang telah disiapkan oleh CGP Angkatan 4 Kabupaten Wonogiri.