Fathiya Penulis Cilik Wonogiri

Bintang Bintang Biru, judul sebuah buku yang ditulis oleh anak kelas 4 SD, Fathiya ia biasa dipanggil. Buku ini ditulis 2 tahun yang lalu dan diterbitkan oleh Arga Pustaka, salah satu penerbit dari Kabupaten Wonogiri. Terbitnya buku ini menjadi sebuah karya, diawali dari hobi Fathiya yang sangat suka membaca. Sehari Fathiya bisa membaca 2 sampai 3 buku dia lahap, bahkan hampir semua buku di perpustakaan sekolahnya sudah pernah dibaca.

Sejak ia mengenal tulisan, ketika masih kecil, setiap kali diajak pergi ke tempat yang menggunakan kendaraan, baik sepeda motor atau mobil, kemudian melihat tulisan di tepi jalan atau nama-nama bus, ia pasti mengeja untuk membaca. Ketika sedang bermain atau jalan di sekitar rumahnya, kemudian ia menemukan kertas yang ada tulisannya, pasti dia ambil dan dibaca. Hobi membacanya sejak kecil memang sangat kuat.

Dari kebiasaannya itu, ketika Fathiya kelas 4, ayah dan ibunya menyemangati dan mendorong untuk menulis cerita. Mulailah ia menulis cerita sederhana sesuai imajinasi anak kelas 4 SD, dan terinspirasi dari beberapa buku cerita yang ia baca. Setiap ada waktu luang ia menulis dan menulis. Hingga tulisanya hampir selesai. Kebetulan pada saat itu ibunya yang seorang guru SD ikut seminar pelatihan membuat buku atau Pelatihan SAGUSAKU (Satu Guru Satu Buku) di Wonogiri. Ibunya langsung berkonsultasi dengan tim SAGUSAKU Kabupaten Wonogiri yang saat itu ketuanya Mas Joko Susilo tentang cerita yang ditulis oleh Fathiya. Beliau memberi saran untuk menyelesaikan dan mencetaknya saja menjadi buku, yang Insya Allah sebagai ajang latihan jadi penulis cilik.

Begitu selesai menulis naskahnya, Fathiya mengetik sendiri di netbook kecilnya dari A sampai Z. Ibunya hanya mengedit sebisanya dan seperlunya tentang tanda baca dan ejaannya. Setelah selesai diketik, naskah dikirim ke percetakan Arga Pustaka Wonogiri. Dari layout sampul sampai editing ulang, karena memang masih ada tanda baca dan ejaan yang kurang pas, semua dikerjakan pada penerbit. Alhamdulillah tanggal 24 Februari 2018, cetakan pertama buku Fathiya telah terbit, dengan ISBN 978-60251592-0-6. Karena memang baru mencoba, buku hanya dicetak 25 eksemplar. Diterimakan 20 eksemplar dan yang 5 lainnya ada yang dikirim ke Perpusnas, arsip penerbit dan arsip di perpusda Kabupaten Wonogiri maupun Jawa Tengah.

Hasil karya anak Wonogiri ini coba diorbitkan ke beberapa teman ibu dan bapaknya di grup WhatsApp. Sebagian dipersembahkan kepada Bapak Kepala Sekolah SDIT Nur Rohman Slogohimo, Bapak dan Ibu Pengawas Kecamatan Slogohimo, Bapak Kepala Desa Waru, Ibu Camat atau Ibu Ketua TP PKK Kecamatan Slogohimo dan lain-lain. Sebagian buku lainnya habis terjual. Karena banyak permintaan, maka bukunya dicetak lagi. Cetakan ke-2 sebanyak 100 eksemplar. Sebagian peminatnya adalah Ibu guru SMP yang kata beliau untuk memotivasi putra-putrinya.

Apresiasi yang luar biasa dari Bapak Kepala Desa Waru, Bapak Wisnu Sejati, yang langsung order 17 eksemplar. Juga dari Ibu Camat Kecamatan Slogohimo yang langsung mengapresiasi di pertemuan PKK Kecamatan dan memberi kenang-kenangan 1 pak buku tulis kepada Fathiya. Luar biasa senangnya Fathiya saat itu. Selain itu, termasuk guru-gurunya di SDIT Nur Rahman yang juga mengapresiasi dengan membeli buku Fathiya.

Ternyata 100 eksemplar cetakan kedua habis terjual. Dan masih banyak yang belum kebagian Buku Fathiya ini. Ada teman-teman dan adik kelas yang juga ngebet pengen punya buku karya Fathiya ini. Alhamdulillah cetak lagi yang ketiga 100 eksemplar. Pada cetakan ketiga, buku ini mendapatkan endorse dari Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Ibu Retno Puspito Rini, S.H., M.Hum.

Buku Fathiya juga sudah ikut nampang di pameran buku perpusda di Wonogiri 2 tahun terakhir. Selain itu juga sudah dipersembahkan kepada ibu Bupati Wonogiri, Ibu Verawati Joko Sutopo ketika seminar literasi di Pendopo Kabupaten Wonogiri. Yang salah satu pembicaranya saat itu adalah Mbak Afifah Afra. Beliau adalah Ketua Forum Lingkar Pena Nasional. Sejak saat itu sampai sekarang Fathiya masih ngefans sama beliau. Di samping Bu Afifah Afra, Fathiya juga mengikuti Instagramnya Asma Nadia dan Tere Liye.

Fathiya Bersama Bu Verawati Joko Sutopo (Bupati Wonogiri) dan Mbak Afifah Afra

Keberhasilan Fathiya membuat karya cerita ini adalah dari motivasi orang tuanya juga guru-gurunya di SDIT Nur Rahman, Slogohimo. Dari keberhasilan Fathiya membuat buku ini, ia pernah mendapat kehormatan untuk dipanelkan bersama Bu Hida, seorang psikolog dari Ponorogo, untuk mengisi Motivasi pada acara Pesantren Kilat di SMPN 2 Puhpelem, Wonogiri. Dalam acara tersebut, pesertanya adalah anak-anak kelas 7 dan kelas 8 SMP. Saat itu ia masih duduk di kelas 4 SD. Pengalaman yang luar biasa bagi Fathiya saat itu.

Selain sudah menghasilkan karya sebuah buku, Fathiya ini juga mempunyai banyak prestasi lho. Di samping juara kelas, Fathiya juga jago berpidato dan bercerita. Beberapa kali ia juara pidato dan cerita Islami tingkat Kabupaten Wonogiri pada event FASI, Pentas PAIS dan MAPSI. Alhamdulillah 3 kali mewakili Kabupaten Wonogiri ke tingkat Propinsi Jawa Tengah. Dan terakhir tahun 2019 kemarin, ia berhasil mendapat juara I Kisah Islami tingkat provinsi Jawa Tengah pada event FASI 2019. Yang selanjutnya akan mewakili Provinsi Jawa Tengah ke tingkat nasional yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Agustus 2020 mendatang. Namun karena kondisi saat ini yang seperti ini, Wallahu A’lam. Semoga wabah ini segera berakhir.

Fathiya bercita-cita menjadi penulis yang Hafizd Quran. Saat ini ia sudah berusaha menghafal 4 juz lebih Al Quran.

O iya, buku Fathiya ini ternyata sudah sampai di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Malaysia (SIKL) lho. Ceritanya ketika ada acara Seminar Literasi Di Jakarta, ada peserta seorang guru dari SIKL Malaysia yang berminat buku Bintang-Bintang Birunya Fathiya dan membawa ke sana untuk memotivasi siswa-siswinya di sana.  Dari buku ini, akhirnya menginspirasi para siswa-siswi SIKL untuk menerbitkan buku antologi kelas. Ada tiga buku lagi karya siswa-siswi Wonogiri yang juga sampai ke SIKL Malaysia. Karya siswa SDN 6 Wonogiri, SMPN 1 Baturetno, dan SDN 2 Ngadipiro Nguntoronadi. Karya tersebut lahir dari sebuah gerakan literasi dengan tajuk Salassaku Wonogiri (satu kelas satu buku).

Sebenarnya Fathiya sudah menulis buku kedua tetapi karena kemarin sudah masuk kelas 6 dan akan persiapan ujian, sebelum ada covid 19 ini, ia menghentikan sementara untuk belajar dan fokus pada persiapan ujiannya.

Bagi teman-teman yang ingin berkenalan, berteman atau berminat dengan bukunya, silahkan melalui whatsApp di 085329210239 dan 085229870602, atau email di aminsamini8@gmail.com, atau ikuti instagramnya di fathiyafayizah.

Biodata lengkap Fathiya adalah:

Nama                                     : Fathiya Nurul Faizah

Tempat tanggal lahir           : Wonogiri, 5 Oktober 2007

Asal sekolah                          : SDIT Nur Rohman Slogohimo kelas 6A

Nama ayah                           : Subiyanto

Nama ibu                               : Samini

Alamat                                    : Butuh, RT 01 RW 08 Waru, Slogohimo, Wonogiri