Video Pembelajaran Menggambar Model

Video ini merupakan video pembelajaran Seni Budaya bagi siswa kelas VII SMP. Dengan mengangkat KD Menggambar menggunakan model dengan berbagai bahan dan teknik berdasarkan pengamatan, Fajar Prihattanto mengembangkan video pembelajaran ini. Guru SMP Negeri 1 Baturetno ini telah banyak membuat film pendek maupun video pembelajaran.

Menggambar model merupakan kegiatan membuat gambar dengan melihat model atau contoh obyek secara langsung maupun tidak langsung (obyek dari foto atau gambar), baik dengan teknik sket, ekspresif, naturalis dalam bentuk karya dua dimensional. Agar kita dapat membuat gambar yang bagus dan menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu proporsi, perspektif, lay out, gelap terang, dan plastisiteit (kesan natural).

Langkah-langkah atau urutan kerja menggambar model adalah persiapan alat dan bahan, menentukan teknik menggambar, membuat sketsa, penyelesaian gambar dengan pemberian gelap terang atau warna, dan finishing. Teknik pemberian gelap terang atau pewarnaan antara lain arsir, dussel, sapuan kuas, blok, dan pointilis (menggunakan titik-titik).

Video ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tentang proses menggambar model secara tidak langsung (contoh dari foto) dengan model salah satu seniman kebanggaan Wonogiri, yaitu Erick Sukirgenk menggunakan teknik arsir dan dussel.