Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Sambut Merdeka Belajar

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan program merdeka belajar pada tahun 2019. Program ini diharapkan mampu menjawab dan mengatasi permasalahan permasalahan pendidikan kearah yang lebih baik.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Wonogiri menyambut baik kebijakan ini. Sebagai langkah nyata maka pada bulan Desember 2019 dilakukan analisis kebutuhan akan peningkatan kompetensi guru, kesulitan  guru di lapangan dan sekaligus mendata guru-guru yang berpotensi untuk dapat mentransfer kompetensinya kepada guru yang lain melalui kuisioner.

Hasil dari kuisioner ini kemudian dianalisis dan dapat menggambarkan secara jelas sebenarnya apa yang dibutuhkan guru di lapangan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Analisis data yang didapat tentunya menjadi pijakan utama dalam mengambil kebijakan lanjutan dari merdeka belajar di kabupaten Wonogiri.

Berdasarkan analisis data, maka disimpulkan menjadi dua garis besar terkait peningkatan kompetensi guru. Pertama adalah peningkatan kompetensi guru yang berdampak pada pembelajaran di kelas dan siswa. Kedua adalah kebutuhan akan peningkatan kompetensi guru terkait dengan tuntutan karir dengan pemenuhan pengembangan diri publikasi ilmiah dan karya inovatif.  Satu sisi di lapangan ditemukan bahwa sel-sel dari komponen pendidikan di kabupaten Wonogiri saat ini berjalan tanpa program yang terukur dan belum optimal. Selanjutnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri mengambil langkah untuk merevitalisasi fungsi kelompok kerja guru kepala sekolah maupun pengawas di semua jenjang untuk menyongsong program merdeka belajar melalui program pengembangan keprofesian berkelanjutan.

Revitalisasi ini diharapkan akan mampu mendorong langsung ke guru melalui guru penggerak yang ada di kecamatan masing-masing maupun secara umum di kabupaten Wonogiri.  Transfer ilmu pengetahuan, kreativitas dan inovasi akan dapat dilakukan secara cepat dan tentunya dapat lebih mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan.

Pada tahun 2020 ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Wonogiri meluncurkan beberapa program diantaranya Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) mandiri melalui kelompok kerja kolektif guru kepala sekolah maupun pengawas serta program PKB percepatan terkait peningkatan karir guru untuk pemenuhan pengembangan keprofesian berkelanjutan terkait publikasi ilmiah dan karya inovatif.

Sebagai pemicu dari 2 program tersebut maka diluncurkan Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran sebagai ujung tombak dari guru-guru penggerak yang ada di semua wilayah. Tim pengembang konten pendidikan dan pembelajaran ini menjadi wadah para guru untuk belajar bersama dan dapat menyediakan  konten pendidikan dan pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh guru dan siswa dalam rangka pemenuhan sumber dan referensi belajar. Selanjutnya tim pengembangan konten ini akan dapat mengembangkan ilmu pengetahuan terkait pendidikan dan pembelajaran secara luas ke seluruh wilayah kabupaten Wonogiri. Program ini diluncurkan dengan tema  Percepatan pengembangan sumber daya manusia pendidikan untuk menyambut kebijakan merdeka belajar di kabupaten Wonogiri. Tim pengembang konten pembelajaran terdiri dari 24 guru yang kompeten dibidangnya terkait pengembangan website, pengembangan aplikasi, pengembangan konten, pengembangan seni budaya serta publikasi dan festival. Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Wonogiri diharapkan dapat menjadi pintu utama layanan pendidikan baik kepada masyarakat maupun elemen pendidikan.  Website juga diarahkan dapat menampung konten-konten pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara luas serta sebagai media publikasi dari kegiatan kegiatan pendidikan yang ada di kabupaten Wonogiri.

Dengan segala upaya dan dukungan dari semua pihak maka 2020 ini adalah sebagai awal dari bangkitnya program merdeka belajar di kabupaten Wonogiri dengan dilandasi semangat Sesarengan mBangun Wonogiri.