Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Workshop Seni Tari Kabupaten Wonogiri (Tari Krincing Nogiren)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri melalui bidang kebudayaan menggelar workshop seni tari krincing nogiren bertempat di Aula Dinas selama 2 hari, 21-22 September 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh guru dari jenjang SD dan SMP. Acara dimulai dengan sambutan oleh Eko Sunarsono selaku Kabid Kebudayaan. Beliau menyampaikan bahwa workshop ini dalam rangkaian festival tari krincing nogiren yang akan digelar di kegiatan berikutnya. Dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari perwakilan guru di korwilcam bidik kecamatan dan subrayon.

Dilanjutkan sambutan oleh Kepala Dinas P dan K Yuli Bangun Nursanti, beliau menegaskan pentingnya pembentukan karakter kepada peserta didik generasi penerus bangsa. Hal itu dalam kaitannya dengan pengembangan mutu pendidikan dan juga termasuk dalam pelestarian budaya. Workshop seni tari bertujuan untuk menyiapkan diri dalam kegiatan lomba seni tari. Lomba menjadi salah satu indikator profesional kinerja bapak ibu guru.

Selanjutnya penyampaian materi oleh narasumber Loediro Pantjoko, S.Sn. yang berisi diskusi dan tanya jawab dengan peserta workshop. Mengenai kostum yang akan digunakan untuk seleksi tingkat SR dan tingkat kabupaten berbeda, dimana kostum yang dipakai saat seleksi tingkat SR lebih sederhana dibandingkan seleksi tingkat kabupaten. Kemudian selesai diskusi dilanjutkan praktek menari.