Dinas P Dan K Wonogiri Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan Pengadaan Peralatan Laboratorium IPA DAK SMP Tahun 2022

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka Persiapan Pelaksanaan Pengadaan Peralatan Laboratorium IPA Kegiatan DAK Bidang Pendidikan Sub Bidang Pendidikan SMP Tahun 2022 secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat (Senin, 21 / 03 / 2022), mulai pukul 09.00 – 11.30 WIB di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri.

Kegiatan ini diikuti oleh 31 orang Guru IPA Sekolah Calon Penerima Bantuan Peralatan Lab IPA DAK SMP Tahun 2022 yang kebetulan ditunjuk sebagai Tim Pendukung/Tim teknis yang akan membantu proses berjalannya pelaksanaan kegiatan ini. Acara ini dipandu oleh Bapak Sularto (Selaku PPTK Kegiatan), dilanjutkan dengan laporan kegiatan  oleh Bapak Gino (Selaku Kabid Dikdas). Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus arahan  oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri Ibu Yuli Bangun Nursanti yang kebetulan beliau juga sebagai PPK kegiatan tersebut.

Ibu Yuli Bangun Nursanti selaku pengguna anggaran sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen ( PPK ) dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru IPA yang bersedia ditunjuk sebagai Tim Pendukung/Tim Teknis guna membantu menyusun bahan rekomendasi kesesuaian spesifikasi teknis sesuai dengan PERMENDIKBUDRISTEK Nomor 3 Tahun 2022 tentang Petunjuk Operasional dan PERPRES No 7 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis DAK Tahun 2022. Tahun ini terdapat 31 dari 78 SMP Negeri di Wonogiri yang akan mendapatkan bantuan peralatan laboratorium IPA yang bersumber dari DAK Tahun 2022.

Beliau berharap dengan bantuan ini dapat membantu meningkatkan pembelajaran siswa di sekolah dengan baik, serta pembelajaran IPA harus secara proporsional mengembangkan kemampuan deklaratif dan kemampuan prosedural agar  fungsi laboratorium tidak hanya sekedar untuk kegiatan praktikum namun menjadi bagian dari kegiatan pembelajaran IPA, apalagi ke 31 sekolah penerima sudah dilengkapi dengan  ruang laboratorium IPA.

Tim Pendukung/Tim Teknis dibagi dalam dua kelompok yaitu Tim Fisika dan Tim Biologi, yang masing-masing kelompok melaksanakan tugas sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing, sebagai bahan pertimbangan bagi PPK dalam mengambil keputusan.