Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menggandeng BBGP Jateng menggelar kegiatan BBGP Berbagi Seri 5, Rabu 14 Juni 2023. Kegiatan ini mengusung tema Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar. Sebanyak 20 orang guru dari jenjang KB, TK, SD dan SMP mengikuti kegiatan yang bertempat di Gedung Yudhistira BBGP Jateng.
Diawali dengan pretes dan doa bersama, kegiatan berlangsung lancar. Selanjutnya Setyo Hartanto sebagai narasumber memaparkan tentang Platform Merdeka Mengajar yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila serta mendukung guru untuk mengajar, belajar dan berkarya melalui fitur-fitur yang tersaji di dalamnya. Penerapan Kurikulum Merdeka juga didukung oleh Platform Merdeka Mengajar karena membantu guru dalam mendapatkan inspirasi dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.
Acara berlangsung sangat atraktif, terbukti saat narasumber menanyakan alasan prosentase guru dalam membuka PMM tidak sebanyak membuka aplikasi medsos yang lain beberapa peserta memberikan jawaban yang menarik. Menurut Witono (SMPN 1 Pupelem) PMM perlu inovasi seperti game ada reward dalam pencapaian suatu level, kemudian Nur Widhi Hastuti (SMPN 2 Wonogiri) menyampaikan bahwa video pemaparan materi sebaiknya tidak terlalu panjang dan lebih baik disampaikan dengan singkat dan jelas. Selanjutnya Amilu Aviliyanto (SDN 1 Kasian) lebih menyoroti pada aksi nyata karena tidak semua guru mampu menghasilkan produk video. Narasumber menjawab satu persatu pertanyaan dan saran yang disampaikan peserta dengan baik dan jelas.
Lebih lanjut Setyo memaparkan tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi sekolah. Profil Penguatan Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. Keenam dimensi tersebut adalah: Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; Berkebinekaan global; Bergotong royong; Mandiri; Bernalar kritis dan; Kreatif.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Terakhir narasumber menyampaikan tips agar lolos dalam mengumpulkan Aksi Nyata yaitu lolos plagiasi dengan berbagai indikator. Beberapa diantaranya adalah email pengirim harus sama dengan email aksi nyata, sesuai dengan panduan dan topik, terdapat foto dokumentasi saat presentasi atau di kelas yang ditempatkan dalam satu halaman dan disisipkan di halaman terakhir. Selain itu, terdapat minimal lima umpan balik atau refleksi yang didokumentasikan saat responden memberi umpan balik berupa foto hasil refleksi atau dapat juga berbentuk google form. Tepat pukul 15.00 WIB acara diakhiri dengan post tes dan foto bersama.