Dinas P dan K Wonogiri Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas TPKPP

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Bimtek dalam rangka Penguatan Kapasitas Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP) secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat (Rabu,1/12/2021). Acara ini diikuti oleh 43 anggota TPKPP dan dilaksanakan 2 hari. Acara dipandu oleh MC yaitu Choirul Fadhi Pradian Putri (SDN 1 Gemawang, Ngadirojo). Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa oleh Santoso (SMPN 1 Bulukerto) kemudian laporan kegiatan oleh Kepala Bidang PTK, Retno Puspito Rini. Setelah laporan kegiatan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Yuli Bangun Nursanti. Acara dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, materi yang disampaikan antara lain, Kebijakan Pengembangan TIK Pendidikan, Teknik Jurnalistik dalam Pengelolaan Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Pengembangan Mobile App Berbasis Articulate Storyline, Pengenalan Softwere Articulate Storyline, Desain Layout dengan Master Slide pada Articulate Storyline, Pengembangan Konten pada Articulate Storyline, Menggunakan Fitur Triger dan Mini Game Articulate Storyline, Menambahkan Soal Evaluasi pada Articulate Storyline , Testing dan Publikasi ke HTML 5 pada Articulate Storyline. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri bekerja sama dengan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPTIK) Jawa Tengah serta Radar Solo.

Materi pertama disampaikan oleh Kepala BPTIK Jawa Tengah, Siswanto. Kepala BPTIK Dikbud ini sangat mengapresiasi adanya Tim Pengembang Konten Pendidikan dan Pembelajaran (TPKPP) sebagai satu-satunya dan pertama kali yang ada di Jawa Tengah. Materi pertama mengambil tema Inovasi Sekolah Digital Wujudkan Merdeka Belajar dan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Tantangan di era digital sangatlah kompleks, sehingga perlu adanya penguasaan IT yang mumpuni untuk dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut. Kehadiran teknologi digital sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Berbagai inovasi dapat lahir dari penguasaan IT dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik.

Materi kedua tentang Teknik Jurnalistik dalam Pengelolaan Website yang disampaikan oleh Wakil Pemimpin Redaksi Radar Solo, Tri Wahyu Cahyono. Narasumber menampilkan Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri untuk dianalisis dan dievaluasi. Tri Wahyu Cahyono menuturkan, informasi yang disampaikan di Website resmi Dinas P dan K Wonogiri dapat dikemas lebih cair tapi tidak keluar dari pakem yang dibuat kontributor reportase maupun ejaan yang disempurnakan. Syahaamah Fikria, editor Radar Solo menambahkan bahwa salah satu cara memudahkan pencarian berita di mesin pencarian adalah dengan mengulang kalimat pada judul di tubuh berita.

Materi selanjutnya tentang Articulate Storyline, disampaikan secara tuntas oleh Tim dari BPTIK Jawa Tengah yaitu Andicha Octaffianto Yudho Narottama dan Angga Eka Pramudita. Peserta Bimtek sangat antusias mempelajari Articulate Storyline, narasumber mengajak untuk praktik langsung membuat paparan pembelajaran yang menarik dengan Articulate Storyline. Berbagai fitur yang ada dalam aplikasi Articulate Storyline sangat menarik untuk dipelajari dan dikembangkan. Edu Game juga dikenalkan sebagai referensi untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan. Narasumber membimbing dari awal materi sampai menghasilkan produk.